Bisnis Online Bersistem Reseller

Apa itu sistem bisnis reseller dalam bisnis online? Kurang lebih bahwa reseller seperti penjualan dari pabrik ke eceran. Jadi, dalam segi harga penjualan bisa kita tentukan sendiri, dalam segi media pembayaran bisa disediakan sendiri, dll.

Arti reseller sendiri adalah pengecer. Kalau pengecer kan tahu sendiri bagaimana kerjanya? Kita membeli produk dari pabrik atau dari agen, lalu kita menjual produk dengan harga dan fasilitas transaksi ditentukan sendiri oleh kita walau produk itu bukan milik kita.

Anda sudah mengerti?

Karena sebagian pebisnis online lokal ada yang memakai kata reseller sebagai tanda bahwa dirinya menyediakan program affiliate.

Padahal kata reseller yang dipakai kurang tepat bila memang sistem bisnis online yang digunakan adalah sistem affiliate.

Karena berbeda antara reseller dan affiliate.

Bedanya apa bisnis online sistem reseller dan sistem affiliate? Ya beda dalam arti dan istilah. Reseller adalah pengecer tetapi affiliate adalah member pemasar yang sudah terdaftar dan diatur oleh pemilik utama.

Ada banyak bisnis online program reseller yang menjual produk untuk bisa kita jual kembali dengan aturan kita sendiri. Biasanya bisnis online ini adanya di luar negeri. Nama yang sering disebut adalah MMR dan PLR. Atau bisnis sistem reseller sering digunakan dalam bisnis toko online.

Jadi kalau ada situs bisnis online lokal yang mengatasnamakan bisnisnya menggunakan sistem reseller, maka harus memenuhi syarat-syarat reseller salah satunya adalah menentukan harga dan alat transaksi sesuai keinginan kita.

Kalau kenyataannya sistem bisnis online yang digunakan adalah sistem affiliate, ya jangan menggunakan kata ‘reseller’. Tetapi karena kata reseller sudah umum dianggap penjualan bermodel affiliate karena situs yang menerapkan reseller bersifat individu bukan seperti Clickbank.com dan lainnya.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!