Blog Bisnis Online Dengan Facebook

Blog Bisnis Online, FacebookSekarang ini, blog bukan lagi sebagai ajang interaksi. Karena sudah jarang blogger-blogger yang saling berkunjung. Banyak alasan. Apalagi blog itu hanya sebagai sarana penjualan produk bisnis online.

Alasan yang akan dibahas mengenai blog tidak lagi sebagai ajang interaksi adalah karena sudah ada facebook yang terbilang sangat komunikatif dan merespon komunikasi dengan cepat.

Komentar-komentar dalam blog juga sudah tidak berbentuk komunikatif karena cuma "Hey, Saya hadir loh. kunjungi blog aku dong" sebagai misal sehingga mengganggu penampilan dan loading blog. Sering juga si pemilik tidak merespon komentar karena sibuk atau lainnya.

Jadi, bila membuat blog yang khusus untuk buat bisnis online, buatlah blog sembari mempromosikan facebook.

Jadi facebook bukan lagi alat promosi blog. Ini pilihan lain loh..

Walau memang ada sebagian facebook untuk promosi blog karena blog tersebut sebagai media bisnis online model PPC yang membutuhkan trafik banyak.

Facebook adalah solusi pengganti dari email marketing. Seperti halnya para pebisnis online umumnya yang melakukan promosi lewat email dengan sekali klik ke banyak pelanggan, facebook juga bisa melakukan promosi dengan mudah ke banyak fans dalam satu klik.

Jadi, gunakanlah blog bisnis online sebagai promosi facebook untuk kepentingan bisnis berikutnya agar terlihat alias tersaring siapa-siapa saja pengunjung yang benar-benar membutuhkan informasi.

Bila facebook sebagai sarana promosi blog bisnis online, biasanya kendala yang dihadapi adalah pengunjung tidak bisa melihat blog karena media yang digunakan untuk bermain facebook itu lewat HP. Ini tergantung settingan template blog-nya. Kalau ternyata lelet untuk dilihat di HP, ya ini percuma saja promosi di facebook karena kebanyakan menggunakan HP dalam menggunakan facebook.

Berbeda kalau blog bisnis online sebagai media promosi facebook maka rata-rata pengunjung blog menggunakan media notebook, komputer atau tablet. Sehingga pengunjung bisa melihat facebook dengan mudah.

Saya sendiri awalnya menggunakan blog bisnis online untuk promosi facebook milik saya. Karena facebook bukan sebagai promosi blog maka tulisan status tidak mempromosikan blog dan tidak dari blog.

Namun karena kesulitan mendapat like yang banyak ke halaman fanspage facebook milik saya dengan cara gratis sehingga saya sudah tidak mempromosikan facebook lagi lewat blog. Status yang ada di facebook saya kembangkan lagi untuk membuat artikel blog ini.

Intinya adalah, facebook bisa sebagai media promosi blog dan bukan keharusan. Atau blog bisa sebagai media promosi facebook dan bukan keharusan.

Ada sebuah kata yang sangat baik untuk anda lakukan dalam mensukseskan bisnis online yaitu "Kuasai Satu Jurus untuk Menguasai Lawan" (Lawan=Pengunjung). Bila memang anda belum jago dalam blogging maka fokus kuasai dunia blog dahulu dan jangan menambah ke fanspage facebook karena fokus akan terganggu. Dan saya, akan menguasai blog bisnis online dulu. Biarlah facebook yang sudah saya buat sebagai media promosi blog bisnis online.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!