Blog Bisnis Online dengan Wordpress.com

Blog Bisnis Online
Menggunakan Wordress sebaiknya bila bisnis online sudah menghasilkan uang dengan menggunakan Blogger.com. Karena menggunakan Wordpress bisa lebih baik kalau menggunakan domain+hosting sendiri karena ada layanan wordpress dalam cpanel kita.

Saya pernah mencoba membuat blog dengan wordpress gratis (subdomain) untuk kepentingan bisnis online. Pas ada penyettingan SEO, ternyata tidak ada fasilitas untuk pluggin SEO. Karena layanan pluggin SEO hanya ada di wordpress yang menggunakan hosting sendiri.

Tentu tidak penting bila menggunakan wordpress gratisan bila untuk setting SEO. Karena lebih bagus menggunakan Blogger.com yang sudah memiliki settingan untuk SEO. Jadi, bila menggunakan gratisan dalam bisnis online lebih baik jangan menggunakan wordpress.

Saya sendiri masih menggunakan Blogger.com. Alasan belum menggunakan Wordress adalah karena tidak untuk pasar lokal. Sedangkan saya belum optimal alias belum serius bisnis online untuk pasar non lokal. Jadi, ya belum memakai wordpress.com. Ini rencana bisnis online saya.

Saya ingin menggunakan wordress.com bila sudah serius bisnis untuk pasar luar negeri. Saya akan aktif dalam penjualan produk di Clickbank.com dan Amazon.com dengan media blog Wordpress.com

Hal ini penting bila menggunakan blog wordpress untuk kepentingan bisnis online luar negeri. Karena menggunakan Wordpress.com membutuhkan modal hosting+domain sehingga keuntungan yang akan diperoleh harus lebih besar melebihi menggunakan Blogger.com. Dan keuntungan besar dari bisnis online adalah dari pasar luar negeri.

Lagi pula, menggunakan blog dari Blogger.com untuk belajar bisnis sudah cukup membantu karena blogger sekarang sudah mendukung SEO walau hanya saja dalam hal tag title dalam template harus diganti karena judul blog berada di awal judul postingan yang dinilai tidak baik untuk SEO. Atau kalau sudah beres, artinya sudah ada yang memperbaiki ya sudah tidak perlu diperbaiki

Bagi pemula yang ingin menggunakan wordpress, hal ini bagus juga walau tetap dalam hal belajar dasar-dasar kode-kode pemrograman HTML harus tahu dulu. Tentu bila ingin tahu kode dasar ya harus belajar lewat Blogger.com. Kalau Wordpress sudah keada tingkat PHP yang tentu lebih sulit.

Tetapi, apapun itu, jangan pusingkan masalah blog. Tentu cukup fokus memberikan informasi yang mendukung bisnis online. Masalah blog bisa diserahkan kepada ahlinya.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!