Bisnis Online Secara Garis Besar Untuk Bisa Anda Terapkan

Pembahsan jenis bisnis online ini adalah khusus bagi orang yang ingin membangun bisnis bukan orang yang ingin menjadi affiliate dalam suatu bisnis sebagai bisnisnya.

Saya akan menjelaskan jenis-jenis bisnis online berdasarkan pembagian garis besrnya saja. Seperti bisnis jasa, maka cabangnya bermacam-macam.

A. Bisnis jasa

Bisnis jasa adalah menjual produk non fisik. Artinya entah mengandalkan keahlian atau mengandalkan sarana jasa.

Jenis bisnis online seperti ini ada yang berupa menjual keahlian seperti jasa pembuat website, jasa, jasa seo, jasa penerjemah, dll.

Ada juga yang tidak memerlukan keahlian seperti jasa iklan seperti iklan baris, jasa iklan ppc seperti google adwords, jejaring sosial seperti facebook, situs program affiliatre seperti clickbank.com, dll.

B. Bisnis informasi

Jenis bisnis ini biasanya berupa produk non fisik yang sifatnya download. Artinya, produknya bisa terlihat tetapi tidak bisa dipegang tangan. Prduknya hanya bisa digunakan lewat komputer.

Jenis bisnis informasi ini sangat diminati para internet marketer karena sifatnya berbau pembelajaran juga mudah untuk dibuat.

Jenis bisnis model seperti ini ada yang menjual berupa ebook informasi, ada juga yang menjual vidio informasi, atau audio informasi (cocok untuk orang buta).

Dalam bisnis ini pun ada yang bermodel membership karena berbentuk kursus atau sekolah online.  Metode membership itu dalam setiap bulan atau tahun bisa dikenai biaya iuran atau gratis untuk seumur hidup.

Tetapi ada juga yang tidak memakai sitem membership alias seperti menjual buku di toko buku. Setiap ada yang membeli, maka sudah tidak ada hubungan lagi dengan situs bisnis tersebut.

C. Bisnis Produk Teknologi

Bisnis apapun yang non fisik (sistem download) yang bukan produk informasi adalah produk hasil kecanggihan teknologi.

Biasanya yang berperan adalah para pakar teknologi. Mereka membuat suatu software yang bisa dipasarkan kepada masyarakat umum.

Banyak bisnis - bisnis software berupa : software email, software submit search engine , software antivirus , software pendidikan dll.

Bisnis produk fisik

Bisnis seperti ini adalah membuat suatu produk berupa fisik yang akan dijual belikan. Produknya yaitu segala sesutu yang berupa fisik entah buku, software atau apapun.

Ciri khasnya bisnis seperti ini adalah si pemilik membangun toko online. Atau membuat situs pasar produk fisik seperti amazon.com.

Begitulah jenis-jenis bisnis online secara grais besarnya. Masalah cabang-cabangnya tentu sangat banyak di setiap masing-masing jenis bisnis online.

Saya sendiri dalam memilih jenis bisnis lebih memilih bisnis informasi karena sifatnya berupa pembelajaran alias memberi pengetahuan.

Semoga bermanfaat jenis bisnis online

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!