Konten Berkualitas - Rahasia Magis Blog Bisnis Online

Konten berkualitas? Berkualitas apa? Apa hubungannya dengan bisnis online? Pertanyaan ini yang harus dibahas secara detail oleh saya sendiri dengan bantuan para master pilihan.

Sebelum membahas tentang konten berkualitas, saya ingin menggarisbawahi. Maksud konten di sini yang saya fokuskan adalah tulisan artikel. Tulisan untuk blog khususnya artikel blog yang bertujuan bisnis. Mengenai kualitas konten, tentu berkualitas baik dan menarik.

Anda tidak perlu khawatir. Tidak ada sihir walau magis dalam tips yang saya berikan. Berikut tips-tips agar konten artikel blog bisnis online anda memiliki kekuatan magis.

Tujuan Konten Blog

Tujuan konten berkualitas bagus berkaitan dengan niat hati kita. Maka bila mau menulis, dengarkan baik-baik kata hati kita. Bila kita menulis tetapi niat hati tidak jelas ke mana arah tujuannya maka sulit untuk menciptakan kekuatan magis dalam konten. Sehingga bila ingin membuat tujuan dengarkan baik-baik niat hati kita.

Walau pada kenyataannya hati si empu secara tidak sadar sudah mempunyai tujuan, tetapi ada sedikit petuah magis: Hentikan Menulis Tanpa Arah!

Berhubung blog saya tentang bisnis, maka tujuan membuat konten berkualitas magis ini untuk bisnis secara khusus bisnis online. Ini tujuan utama.

Tapi kita tidak dapat menyangkal, bahwa tujuan utama akan melahirkan tujuan tersirat sebagai senjata biologis yang tersembunyi.

Ada kalimat mantra unik tapi tidak berbau kemenyan, “Berjalan menuju kota Paris dengan sepeda, akhirnya sampai juga.” Tentu sepeda yang sebagai sarana telah berhasil mengantarkan menuju ke kota Paris.

Maksudnya apa? Maksudnya, bila tujuan membuat konten berkualitas magis itu untuk bisnis, maka hasil akhirnya bisnis online kita mendapat keuntungan. Bila mendapat keuntungan tentu sebagai ukuran keberhasilan konten magis kita. Seperti yang dikatakan para blogger bisnis, kalau tujuan ngeblog untuk menambah pundi-pundi uang, maka konten dinilai berhasil jika uang anda bertambah banyak.

Bahwa penilaian terhadap konten itu bisa dilakukan setelah melakukan promosi blog. Bila belum melakukan promisi, tidak patut menyalahkan konten magis kita.

Penggabungan Jenis-jenis Konten Artikel berkualitas

Inilah jenis-jenis konten yang membuat orang-orang selalu terbang menuju blog kita setiap ingin kontemplasi di dunia gaib online.

Tentu, bila menggabungkan tujuh tulisan dalam blog bisnis online kita, tercapainya tujuan anda dalam membuat blog akan lebih nyata dan meyakinkan untuk tercapai.

Inilah jenis-jenis tulisan yang perlu ada dalam blog anda:

Tulisan How-To

Ada masalah, ada solusi dan ada teori, ada praktek. Seperti itulah gambaran konten jenis how-to. Seperti konten tutorial blog atau tutorial lainnya yang merupakan tulisan how-to. Biasanya, konten how-to bisa diwakilkan dengan kata, “Bagaimana membuat? Tips membuat, langkah-langkah membuat, dan lain-lain.”

Tulisan Berita Terbaru

Hal baru adalah pelepas rasa jenuh. Nah, bila ada konten yang baru, tentu akan menjadi solusi dari kejenuhan membaca konten yang sudah sering dilihat. Seperti situs berita, konten yang disajikan selalu baru.

Tulisan Motivasi

Kita butuh pertolongan orang lain. Dan pertolongan dari orang lain salah satunya berbentuk motivasi menuju yang terbaik. Bila ada blog yang membahas tentang motivasi, pasti maka akan diburu orang yang membutuhkan suntikan motivasi.

Tulisan Berbentuk Daftar (list)
Tulisan berbentuk list itu... seperti daftar nama-nama pengusaha sukses, atau daftar nama-nama blog dofollow. Ya kira-kira begitu. Intinya adalah mengunakan sub judul namun lebih kepada pemberian list-list

Tulisan tentang Review Produk

Apa yang kita rasakan maka pembicaraan kita lebih didengarkan. Bila belum merasakan maka pembicaraan kita sulit untuk didengar. Bicara produk si A bagus tetapi belum merasakan produknya maka akan dicurigai pembohong kelas teri.

Bisa juga berbicara produk si A bagus walau belum merasakan asalkan punya sumber referensi yang pernah merasakan produk si A.

Seperti itulah syarat membuat konten review produk.

Bila kita ingin benar-benar menghimpun kekuatan blog bisnis online dengan konten berkualitas magis, kita perlu menggabungkan dari tiap kekuatan jenis konten

Ramuan lebih jelasnya seperti ini ==> Konten How-To + Konten Motivasi + Konten tentang Review Produk = MONEY

Ini hanya salah satu contoh.

Maksudnya apa? Konten how-to adalah konten yang bisa langsung kita gunakan sebagai pemecah permasalahan. Bila kita menerangkan tentang bagaimana membuat blog, maka isinya adalah tentang praktek nge-blog bukan omongan mengawang nge-blog. Tentu, pengunjung yang punya kesulitan ngeblog bisa teratasi.

Bila dilengkapi dengan konten motivasi apalagi konten motivasi bergaya how-to, tentunya pengunjung mempraktekkan sesuatu dari yang dibaca dan ada rasa termotivasi saat mempraktikkan.

Bila pengunjung termotivasi dan motivasi itu diarahkan pada kegiatan bisnis online, tentu pengunjung bukan hanya ingin tips gratisan saja. Pengunjung akan membeli produk. Bahkan akan menjadi pelanggan setia yang akan menarik pembeli baru.

Tentu cara penggabungannya tidak mesti harus dalam satu artikel. Ini salah satu saja. Salah satunya lagi adalah penggabungan yang terpisah alias tercantum dalam kategori-kategori

Tentukan Sasaran Pengunjung

Kata mantranya adalah, “untuk siapa dan untuk apa?” Maksudnya bila blog kita membahas tentang bisnis online, maka kita akan berhadapan dengan pengunjung para pebisnis dan calon pebisnis sebagai target kata “siapa?”

Sedangkan untuk pertanyaan “ untuk apa?” Tentu, dari tulisan itu mampu membimbing para pebisnis apalagi untuk pebisnis pemula.

Kalau blog saya membahas bisnis. Untuk siapa? Untuk pebisnis online yang masih pemula. Target umurnya adalah remaja dan dewasa. Agar apa? Agar sama-sama belajar bisnis dari seorang yang masih pemula yaitu saya. Tidak mungkin yang sudah ahli belajar sama saya.

Menulis Berdasarkan Geografis

Kita bisa saja menargetkan konten berdasarkan wilayah tertentu. Misalnya saya membahas bisnis di Cirebon khususnya bisnis batik Trusmi di Cirebon. Karena saya orang Cirebon.

Tetapi, karena blog saya tentang bisns online, maka tidak perlu ada pembahasan khas Cirebon. Tentu tidak bisa kita memaksakan membuat konten tentang bisnis batik Trusmi. Mungkin sekedar satu konten untuk review produk bisnis batik Trusmi, boleh deh.

Menulis dengan Disertai Gaya Menulis
“Sama-sama memakai baju, belum tentu modelnya sama.” Sama-sama menulis bisnis online, belum tentu gaya tulisannya sama. Ya, seperti itu.

Nah, bila tulisan Anda sudah jadi menggunakan tips menulis kontens artikel di atas, silahkan copy-paste artikel ke dalam notepad. Kenapa harus ke notepad? Biar format hilang sehingga bisa menyesuaikan dengan settingan di blog. Bila setelah di notepad tulisan pada putus-putus, maka klik menu "Format" dan hilangkah centang di kalimat "Word Wrap". Selamat mencoba

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!