6 Nasehat Bisnis Mencerahkan Yang Perlu Anda Ketahui

nasehat bisnis, bisnis, bisnis online
Ada beberapa nasehat bisnis yang perlu anda ketahui yang tentu keguaannya untuk kepentingan bisnis dalam hal ini bisnis online. Berikut ini nasehat bisnis yang perlu anda ketahui. Dalam hal ini saya akan memberikan polesan mengenai pengalaman saya walau tidak disebut semua bahwa hal ini ada beberapa pengalaman saya. Saya harap anda akan mengalami hal yang sama.

1. Uang Bukan Satu-satunya Ukuran

Kadang kita sering berkata, saya tidak bisa bisnis karena tidak punya modal berupa uang. Kita memang tidak lepas dari hal yang berbau uang. Walau memang uang bukan segala-galanya tapi kenyataan memang kebanyakan butuh uang. Namun kita simpan dulu informasi yang memberatkan anda dan diganti bahwa uang bukan satu-satunya ukuran untuk menentukan memulai atau tidaknya untuk berbisnis.

Kita memang butuh modal uang untuk bisnis dan tidak ada bisnis yang tidak butuh modal. Modal uang bisa dari diri sendiri atau dari orang lain sehingga memang bisnis perlu modal. Walau kenyataan tidak memakai modal alias hanya mengandalkan modal orang lain tetapi tetap yang dipakai adalah uang.

Tetapi pernah tidak anda berpikir bahwa sebuah ide bisnis tidak membutuhkan uang. Ya butuh uang tapi hanya untuk membeli buku atau koneksi internet untuk mencari informasi yang akan mendapatkan ide. Tapi intinya apakah anda memikirkan mengenai ide bisnis butuh modal uang?

Nah, segala hal untuk membangun bisnis tidak mesti harus ada yang dengan uang. Bagi yang belum mampu dalam segi uang, kenapa tidak memaksimalkan mengurusi hal-hal yang tidak membutuhkan uang?

Saya sendiri modal apa adanya namun seiring perjalannya waktu, saya mampu membuat perubahan yang lumayan. Awalnya ya tentu memikirkan dan melakukan hal-hal yang tidak membutuhkan modal.

2. Sukses Butuh Kesabaran

Yang perlu saya tekankan disini adalah sabar dalam arti konsistensi berusaha semaksimal mungkin yang tidak pernah berhenti sampai keinginan kita terwujud. Ingat, sabar bukan berarti menerima apa adanya tanpa ada usaha untuk memperbaiki, mengembangkan, atau meningkatkan, bila memang perlu untuk diperbaiki, dikembangkan, atau ditingkatkan.

Ketika awal belajar membuat blog, saya berjam-jam duduk di komputer untuk belajar membuat blog. Sangat lelah. Namun karena ada target yang ingin dicapai maka saya sabar untuk melakukan walau sampai menguras tenaga. Ketika sudah berhasil alias sudah mencukupi pembelajaran mengenai blog maka selanjutnya belajar memanfaatkan blog untuk mencari uang. Ketika belum dapat uang, saya berusaha sebaik mungkin dengan penuh sabar menanti.

Bila anda mampu sabar belajar sampai bertahun-tahun di sekolah dan lanjut di perguruan tinggi walau kepastian ilmu yang dipelajari belum tentu bisa diamalkan, kenapa dalam hal belajar bisnis walau baru 1 tahun belajar sudah berhenti untuk berusaha karena tidak sabar? Kenapa anda berhenti belajar bisnis hanya karena tidak mendapatkan uang? Kenapa kan? Nah anda perlu perhatikan itu! Kadang anda tidak sadar kalau anda penyabar yang terbaik.

3. Selalu Ada yang Menang dan Kalah

Selalu ada yang menang dan ada yang kalah. Namun pengertian menang atau kalau itu adalah relatif. Kita bisa menang hari ini namun untuk waktu yang akan datang bisa jadi menjadi orang yang kalah.

Persaingan seperti roda berputar yang benar-benar berputar karena masing-masing saling memutarkan roda untuk berusaha berada di atas puncak. Namun setelah berada di puncak perlu juga menjaga roda agar tidak terguling ke bawah oleh pesaing bisnis.

Kita tidak perlu menghawatirkan kalah atau menang. Yang penting berusaha terbaik karena jalan rejeki ada bagian untuk sang pemenang dan ada bagian untuk sang kalah. Bahkan bila anda dengan bahasa ikhlas menjalani sebuah bisnis dengan resiko yang menghadang yaitu resiko berhasil atau gagal maka 80% anda akan tidak mengalami kekalahan persaingan bisnis.

4. Fokus

Fokus akan mengajarkan pada anda bagaimana membuat bisnis khususnya bisnis online yang anda tekuni semakin baik dari hari ke hari.

Bila anda belum mahir membuat blog bisnis sedangkan anda butuh kemampuan membuat blog agar tidak mengandalkan jasa orang lain maka anda perlu waktu untuk fokus belajar blog. Bila sudah berhasil membuat blog yang diperlukannya maka ke tahap berikutnya yaitu memanfaatkan blog untuk mencari uang di internet. Bila belum juga berhasil mendapatkan uang lewat blog maka fokus dahulu dalam hal ini dan jangan mengalihkan perhatian pada kegiatan internet yang tidak perlu. Begitulah seterusnya.

Fokus adalah menghimpun berbagai energi untuk berusaha berjalan menuju yang anda inginkan. Tanpa fokus maka seperti anda berjalan di mall dan melihat berbagai jenis produk namun anda tidak tahu apa yang akan menjadi tujuan. Ada fokus seperti anda berjalan ke mall lalu menuju Gramedia dan mengabaikan pemandangan lain lalu berlanjut pada buku yang anda inginkan dan setelah itu membeli sebuah buku yang berjudul “Rahasia Sukses Fokus”. Nah, anda perlu perhatikan ini.

5. Jangan Terlalu Menggantungkan Kesuksesan
Kita berusaha belajar bisnis dan membangun bisnis karena apa sih? Karena ingin sukses menghasilkan banyak uang kan? Bila sudah sukses, lalu mau diapakan? Nah, anda bingungkan? Memang bila sudah sukses maka kita bisa menikmati hidup. Namun kalau kita terus saja mengandalkan kesuksesan untuk menikmati hidup, apa jadinya bila bisnis kita bangkrut?

Bila sudah sukses membangun bisnis sebagai misal membangun perusahaan “Minyak Wangi Online” maka anda jangan terlau menggantungkan kesuksesan pada bisnis itu. Buatlah rancangan hidup yang mempersiapkan diri di saat memang nasib anda kembali pada titik rendah alias anda kehilangan perusahaan anda. Bila anda sudah mempersiapkan maka saat anda sudah kembali hidup rendah maka anda seperti sudah siap untuk hidup bangkit kembali ke posisi puncak dan terus bertahan sampai beberapa turunan.

6. Hidup Bukan Cuma Buat Bisnis

Ada banyak hal bermakna dalam hidup ini selain bisnis yaitu seperti menikmati alam: hijau daun, aliran sungai yang jernih, pengunungan yang indah dan seuk. Dalam hal antar manusia berarti menikmati: kebersamaan, kesetiaan, kasih-sayang dan sebagainya.

Memang kesibukan dalam bisnis membuat anda bisa lupa dalam menikmati hidup. Namun bila sudah lupa untuk menikmati hidup maka kesibukan tidak ada gunanya. Apa sih tujuan kita sibuk dalam mengurusi bisnis? Untuk menikmati hidup kan? Tapi percuma uang banyak, perusahaan besar tetapi hidup penuh dengan kesibukan sampai tidak punya waktu untuk menikmati hidup.

Singkirkan sejenak dari mengurusi bisnis khususnya mengurusi bisnis online dan mulai melihat pandangan luas keindahan, kebahagiaan, kenikmatan hidup.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!