Mencari Modal Bisnis

modal bisnis, mencari modal, modal bisnis online
Bagi yang belum terbiasa membangun bisnis yang sukses kemungkinan besar akan sulit mencari modal bisnis. Apakah Anda termasuk orang yang sedang bingung mencari modal bisnis?

Orang yang belum terbiasa memulai bisnis maka pikiran mengenai bisnis belum terasah alias belum ada kreatifitas khususnya dalam mencari modal bisnis. Bahkan bagi yang belum kreatif dalam bisnis maka modal berupa uang dianggap hal yang paling vital dan bila tidak ada modal berupa uang maka akan menjadi kendala besar. Akhirnya orang seperti ini tidak akan melangkah untuk bisnis.

Padahal modal bisnis yang tidak berupa uang penting juga harus dimiliki seperti pola pikir pengusaha, mental berani, relasi, komunikasi, niat, tekad, semangat, dan hal-hal lain yang tidak membutuhkan uang.

Dalam bisnis itu ada berupa modal uang dan modal yang tidak membutuhkan uang alias bukan uang. Karena ada seorang ahli bisnis bisa membangun bisnis tanpa modal uang karena modal dalam sistem bisnis. Bila Anda hanya fokus mencari modal uang maka sebagian lagi Anda sudah mengabaikan setengah dari keberhasilan bisnis.

Anda mau memulai bisnis itu benar-benar mau atau cuma iseng-iseng yang suatu saat bisa meninggalkannya kalau tidak puas? Nah, pertanyaan ini yang membuat Anda tidak selalu mengandalkan uang dan sebagai tolak ukur apakah Anda butuh bisnis. Sehingga, hal awal yang penting dalam bisnis adalah niat dan tekad yang kuat.

Bisa kah menjawab dengan tegas bahwa Anda mau benar-benar membangun bisnis? Bila jawaban Anda tidak serius maka pantas saja Anda mempermasalahkan mengenai modal berupa uang untuk memulai bisnis. Padahal niat dan tekad yang kuat adalah modal besar yang tidak boleh terlupakan dalam membangun bisnis.

Jadi bila Anda seorang yang tergolong orang yang memiliki keuangan cekak sehingga sulit untuk membangun bisnis maka pikirkan dahulu modal yang tidak membutuhkan uang. Modal bisnis yang tidak membutuhkan uang banyak sekali dan ini separo dari kesuksesan bisnis.

Sebagai misal, bila Anda ingin merekrut orang untuk menjadi karyawan dalam bisnis Anda, apakah Anda tidak merancang sistem pengrekrutan? Tentunya merancang. Nah, hasil rancangan ini merupakan salah satu modal bisnis yang bukan berupa uang. Seandainya Anda tidak merancang sistem pengrekrutan, apakah bisnis Anda bisa berjalan lancar?

Setelah modal yang tidak berupa uang terpenuhi, maka Anda perlu mencari modal berupa uang yang akan menjadi setengah kesuksesan Anda. Dan modal berupa uang tidak harus dari Anda sendiri. Ada banyak cara mencari dana sebagai modal bisnis yang mungkin belum banyak Anda ketahui. Asal Anda kreatif maka bisa jadi kawan Anda yang kaya suka-rela investasi uang ke Anda karena Anda begitu kreatif dalam membuat sistem bisnis.

Berikut ini 4 cara untuk mendapatkan modal bisnis untuk membangun bisnis Anda:

1. Mencari modal bisnis melalui pengajuan dana hibah

Dana hibah biasanya diberikan oleh pihak pemerintah, bantuan luar negeri, swasta dan lain sebagainya yang akan diberikan kepada para pebisnis untuk mendukung geliat semangat berwirausaha.

2. Mencari investor

Menurut pakar dan praktisi investasi sekala besar, seorang investor tidak melihat ide bisnis, produk bisnis dan perkiraan keuntungan yang akan diperolehnya. Investor lebih melihat sistem bisnisnya yang akan membuat ia menghasilkan uang jangka panjang. Maka sebelum mencari investor yang royal memberikan modal maka harus membuat sistem bisnis terelbih dahulu.

3. Pinjaman ke bank

Pinjaman ke bank bisa cair asalkan anda tahu bagaimana strategi mengajukan pinjaman ke bank.

Meminjam uang di bank bisa lewat bank umum atau bank syari’ah. Bagi yang tidak mau meminjam uang di bank umum maka bisa juga meminjam uang ke bank syari’ah. Sebenarnya dalam masalah bank tidak harus palah-pilih kalau pemerintah benar-benar mengurus bank secara benar dan bisa diterima banyak orang. Cukup satu jenis bank tapi merata.

4. Modal pinjaman keluarga atau orang tua

Sudah menjadi hal umum bila dalam hidup pasti ada orang yang kaya atau orang yang miskin. Dan biasanya sistem yang berlaku dalam bisnis adalah orang kaya membantu orang yang miskin.

Bila memang anda termasuk orang yang tidak punya maka bisa meminjam ke saudara kandung atau saudara lainnya yang terlihat lebih kaya. Meminjam modal bisnis ke saudara tidak membutuhkan sistem bisnis yang perlu anda ajukkan. Cukup persyaratan membayar. Juga tidak sesulit meminjam uang ke teman.

Bila memang orang tua Anda kaya maka tentu meminjam uang ke orang tua merupakan hal yang utama.

Nah, itulah 4 cara untuk mencari modal bisnis yang berupa uang. Karena modal bisnis yang berupa uang pun separo dari kesuksesan bisnis. Tidak mungkin kita mengelak dalam hal ini. Dan anda bisa melakukan 4 hal di atas agar lebih meningkatkan permodalan bisnis Anda.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!