Peluang Bisnis Berjualan Kue Kering

Tips Bisnis Kue, Bisnis Kue Kering, Bisnis Kue
Bisnis kue kering salah satu jenis bisnis kue yang banyak dijadikan bisnis oleh kebanyakan orang karena memang jenis kue ini yang sangat dibutuhkan orang untuk menghidangkan tamu, acara, dan kegiatan keseharian lain sehinga laku terjual. Di samping itu, kue kering bisa tahan lama sehingga tidak perlu tergesa-gesa untuk menghabiskan barang dagangannya segera.

Jenis bisnis kue kering ini bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu banyak. Bisa dengan cara mencicil pembuatan kue kering karena memang bisa untuk pembeli yang terlebih dahulu memesan. Biasanya pemesanan kue kering yang paling banyak adalah di hari-hari tertentu seperti hari raya Idul Fitri, Natal dan sebagainya.

Memang jenis bisnis ini alias bisnis kue kering seharusnya perlu keahlian terlebih dahulu dalam pembuatan kue kering. Walau ada modal, tetapi bila memang belum ada keahlian membuat kue kering maka akan mengalami kesulitan dan memang tidak bisa.

Ada tiga jalan untuk bisa membuka bisnis kue kering bila memang belum ahli yaitu: belajar membuat kue kering, membeli produk kue kering untuk bisa dijual kembali atau mencari orang yang ahli membuat kue kering.

Namun bisnis kue kering lebih mengasyikkan jika Anda sebelumnya sudah memiliki keahlian membuat kue kering.

Hal penting bila mau memulai bisnis kue kering namun keuangan terbatas adalah harus belajar membuat kue kering terlebih dahulu. Namun hal ini juga memerlukan bahan dan alat sehingga banyak modal investasi untuk membeli itu semua. Tapi anggap saja biaya pembelian bahan dan alat sebagai kebutuhan menu makanan dan prabot keseharian.

Jika Anda sesudahnya sudah memiliki hobi dan minat akan kue kering, Anda dapat segera mencoba untuk mengembangkan dalam bentuk bisnis kue kering. Ada berbagai macam kue yang dapat Anda coba buat untuk mendapatkan uang. Hal ini mengasyikan kerena di samping Anda hobi membuat kue kering juga Anda mendapatkan uang hasil bisnis kue kering.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan dalam menjalankan bisnis kue kering ialah mendapatkan resep kue kering yang spesial dan cocok di lidah banyak orang. Nah, inilah kenapa Anda harus terlebih dahulu mahir membuat kue kering. Karena dengan mahir membuat kue kering maka Anda akan menciptakan sebuah resep yang spesial dan cocok untuk banyak lidah orang.

Tentu nilai tambah bagi Anda bila kue kering yang Anda buat berbeda dengan kue yang lain dengan jenis kue yang sama. Pelanggan setia akan bertambah bila kue kering Anda memiliki nilai khusus alias ciri khusus.

Hal penting dalam menciptakan kue kering yang spesial dan cocok di lidah banyak orang adalah memberikan sentuhan warna-warni. Warna-warni di sini bukan dalam segi pewarna. Bahkan sebagian orang ada yang tidak suka kue yang mengandung zat pewarna makanan walau tidak salah menggunakan pewarna makanan. Namun maksud warna-warni disini lebih kepada kemasan, bentuk, rasa, aroma, dan trend kue. Anda perlu memperhatikan warna-warni kue kering dalam arti membuat sesuatu yang berbeda dengan kue yang lain.

Jika Anda ingin membuka toko kue kering anda perlu memastikan bahwa Anda memilih lokasi berjualan yang tepat. Lokasi di sini kalau secara ofline adalah lokasi yang ramai orang dan berpotensi membutuhkan produk semacam makanan ringan. Kalau secara online berarti memperhatikan keyword yang ramai dicari seputar kue kering. Dengan menemukan lokasi yang tepat maka bisa sebagai target market bisnis.

Berikut ini tips memulai usaha toko kue kering:
  1. Jadikan ini hobi/kesukaan anda
  2. Mau belajar dengan mencari informasi baik dari media internet maupun belajar kepada yang sudah ahli.
  3. Berani mencoba dan berekspreimen dalam pembuatan kue kering ini.
  4. Lakukan analisa pasar secara ofline bila ingin menyentuh pasar ofline dan secara online bila ingin disertai pasar online. Hal ini supaya anda bisa menentukan target market dan penentuan harga.
  5. Jangan main-main dengan kualitas bahan roti yang dipakai. Gunakan hanya bahan-bahan yang berkualitas
  6. Berani membuat terobosan inovasi kue kering yang baru.
  7. Buatlah agar kemasan kue kering yang anda buat menjadi menarik/unik.
Hal penting bila sudah menemukan tips di atas walau sederhana adalah dilanjutkan dengan tindakan untuk memulai bisnis kue kering.

Cobalah untuk membuka bisnis kue kering dengan lingkup kecil dulu seperti lingkup saudara dan tetangga. Dengan adanya kepuasan tetangga dan saudara anda maka ini bisa sebagai tindak lanjut untuk mengembangkan bisnis kue kering lagi.

Bila sudah menambah pada target baru di lokasi tertentu dan banyak yang tertarik maka bisa dilanjutkan pada penjualan secara online. Anda bisa membangun bisnis toko online kue kering dengan target market tertentu. Bila terjadi peningkatan penjualan yang cukup fantastis maka Anda bisa mengalihkan pada penjualan secara online dan menutup penjualan secara ofline atau terserah.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!