5 Tips Peluang Bisnis Kursus Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris, Tips Bisnis, Peluang Bisnis
Bagaimana memanfaatkan peluang kepopuleran bahasa Inggris di Indonesia untuk membuka bisnis kursus bahasa Inggris? Pertanyaan ini penting untuk diberikan kepada anda yang gemar mencari peluang bisnis berdasarkan kepupuleran sesuatu hal.

Dimana-mana pasti ada sebuah lembaga kursus bahasa Inggris dalam bentuk kegiatan belajar sederhana atau spesial, baik di desa ataupun di kota.

Tentu ini pertanda peluang bisnis yang menjanjikan karena jumlah peminat yang cukup banyak dengan melihat banyak yang beredar kursus bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang salah satunya diujikan dalam Ujian Nasional. Mempelajari bahasa Inggris bukan lagi kebutuhan tapi sudah menjadi kewajiban. Sehingga lembaga kursus bahasa Inggris membantu para pelajar yang sedang dituntut bisa berbahasa Inggris.

Di era informasi sekarang ini, bahkan belajar berbahasa Inggris bukan suatu kewajiban yang dipelajari di dalam dunia pendidikan sekolah tetapi karena sudah menjadi keharusan bila ingin ikut bersaing di era global ini khususnya persaingan dalam bisnis dunia online.

Membuka bisnis kursus bahasa Inggris bukan menjadi keputusan yang sia-sia karena memang pasarnya bagus. Baik anak kecil sampai orang dewasa membutuhkan lembaga kursus bahasa Inggris. Bagi pelajar, kemungkinan waktu belajar bahasa Inggris di sekolah sangat kurang sehingga butuh lembaga kursus bahasa Inggris.

Karena pasarnya bagus dalam bisnis kursus bahasa Inggris sehingga banyak orang yang membuka lembaga kursus bahasa Inggris. Orang-orang yang terlibat bisnis kursus bahasa Inggris berlomba-lomba untuk menjadi lembaga yang terbaik.

Bila anda ingin membuka bisnis kursus bahasa Inggris maka perlu merancang sistem yang benar-benar bisa bersaing dengan lembaga kursus yang lain sehingga anda tidak perlu tertindas dan tertinggal.

Sebuah kenyataan bahwa banyak orang yang tetap mengeluhkan bahwa dirinya belum bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar walau belajar di sebuah lembaga kursus selama bertahun-tahun. Hal ini perlu anda cermati sebelum membuka bisnis kursus bahasa Inggris.

Sebagai contoh, Anda perlu penekanan spesifik dalam penawaran keahlian pada kursus bahasa Inggris yang akan dipelajari para peserta kursus. Karena belum tentu orang yang tidak berbahasa Inggris tidak bisa dalam semua hal. Bisa saja tidak bisa dalam hal pengucapan tetapi mahir dalam penulisan.

Ada beberapa tips untuk membuka bisnis kursus bahasa Inggris. Anda bisa cermati baik-baik tips di bawah agar anda bisa membangun bisnis kursus yang berkualitas:

1. Pastikan anda sudah menentukan sasaran pengajaran yang sebagai penawaran keahlian untuk peserta kursus

Seperti yang sudah saya katakan bahwa anda perlu penekanan khusus alias penekanan spesifik yang menjadi penawaran keahlian sebuah lembaga kursus yang akan diperdalam oleh peserta kursus.

Bila anda fokus pada lembaga kursus bahasa Inggris dengan fokus belajar Full Conversation maka jangan sekali-kali anda terlalu fokus mempelajari grammar. Lebih baik peserta kursus diberikan banyak kegiatan oral untuk membentuk keahlian dalam hal pengucapan.

Bila anda ingin membangun bisnis kursus bahasa Inggris dengan fokus penguasaan grammar maka jangan sekali-kali terlalu fokus dalam pengucapan. Karena pembelajaran grammar akan terganggu. Bila fokus anda mengajarkan penguasaan grammar maka anda perlu perbanyak kegiatan dalam hal tulis-menulis.

2. Perbanyak wawasan mengenai kegiatan kurusus bahasa Inggris

Anda perlu mencari berbagai metode mengajar yang sudah terbukti bisa meningkatkan kualitas. Anda bisa mencari informasi ini pada orang-orang yang sudah pengalaman mengikuti kursus pada lembaga tertentu. Testimoni dari orang yang sudah mengalami kurus patut dijadikan referensi.

Anda tidak perlu menanyakan hal ini pada orang-orang yang ada didalam karena hal ini tidak etis dan pasti tidak akan membeberkannya. Lebih baik mencari dalam dunia online.

Anda pun perlu tahu hal-hal yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Inggris di Indonesia, misalnya tes-tes bahasa Inggris yang biasa dijadikan syarat untuk bekerja atau materi bahasa Inggris yang sedang diajarkan di SMP dan SMA.

3. Siapkan materi yang berkaitan dengan bahasa Inggris untuk kebutuhan spesifik

Bila fokus belajar pada lembaga kursus adalah mengenai penguasaan conversation maka anda bisa memilih materi belajar mengenai dunia pariwisata luar negeri, misalnya. Namun bila anda memilih penguasaan mengenai grammar maka anda bisa memilih materi belajar mengenai dunia jurnalis atau lainnya. Ini sekedar misal.

4. Jangan lupa menekanan pada nilai tambah pada kegiatan promosi

Dengan adanya nilai tambah alias nilai kelebihan yang tidak dimiliki lembaga kursus lain, maka anda bisa mencantumkan dalam promosi bisnis kursus anda mengenai nilai tambah alias kelebihan-kelebihan yang dimiliki lembaga kursus anda.

Tentu kegiatan pencantuman nilai tambah alias kelebihan-kelebihan mengenai lembaga kursus sebagai usaha pencarian minat untuk mengikuti lembaga kursus anda.

Kegiatan promosi tidak mesti harus dengan media ofline karena bisa saja mengeluarkan banyak biaya untuk kegiatan promosi namun pelanggan yang didapat sepadan dengan tanpa biaya promosi. Sekarang ini kegiatan promosi harus ditambah dengan media online.

Dengan menggunakan Google Adwords atau Facebook maka anda bisa beriklan dengan mensetting target wilayah. Bila memang anda menargetkan wilayah cirebon maka anda bisa mensetting ke daerah Cireboon.

Bila kendala anda masih belum memiliki kartu kredit untuk promosi di Google Adwords atau Facebook maka awal-awal anda bisa membuat blog atau melakukan aktifitas bersosial dengan grup khusus Cireboon dalam Facebook.

Anda bisa belajar bersama pakar promosi online spesifik Adword dan Facebook disini

5. Luncurkan kursus belajar Inggris secara online

Bila kursus anda cukup menjanjikan alias sudah terbukti merubah yang tidak bisa menjadi bisa maka anda bisa menambah ke kursus online. Para peserta anda bisa dimintai testimoni untuk kepentingan marketing.

Tentu kegiatan marketing kursus online adalah lewat dunia online. Silahkan cermati point 4 lagi.

Dengan mempelajari tips membuka bisnis kursus bahasa Inggris di atas dan mengembangkannya maka bisnis kursus bahasa Inggris anda akan bisa bersaing dengan lembaga kelas spesial.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!