Siap Menjadi Full-Time Blogger Bisnis Online?

full-time blogger bisnis online, blogger bisnis online
Apa maksudnya siap menjadi full-time blogger bisnis online? Dari segi kalimat mungkin anda mengerti. Namun alangkah baiknya bila saya menjelaskan lagi. Maksud dari kalimat “siap menjadi full-time blogger bisnis online” benar-benar siap untuk full menggunakan waktu untuk blogger bisnis online menggantikan waktu kerja di kantor.

Kalau biasanya jam kerja di kantor dari jam 8 sampai jam 4 maka waktu kerja seperti itu benar-benar dimanfaatkan untuk kegiatan blogger bisnis online walau pun waktu untuk kegiatan blogger tidak sesibuk waktu untuk kerja di kantor.

Kalau anda sudah mengerti mengenai tata cara mensetting blog, sudah tahu tempat membeli desain blog+hosting yang bagus, sudah mahir menulis artikel bermanfaat dan cepat, dan sudah mengerti mengenai SEO blog maka kegiatan full-time blogger bisnis online adalah sudah pantas dilakukan dan memang sebaiknya seperti ini.

Apakah anda sudah mendalami hal di atas? Bila memang mau menjadi full-time blogger bisnis online maka anda harus menguasainya.

Sebelum memutuskan untuk menjadi blogger full-time bisnis online, sebaiknya anda:

Pertama, sekali lagi, anda sudah mengerti mengenai tata cara mensetting blog, sudah tahu tempat membeli desain blog+hosting yang bagus, sudah mahir menulis artikel bermanfaat dan cepat, dan sudah mengerti mengenai SEO blog.

Mengenai mensetting blog dalam hal ini adalah membuat blog bisnis online. Tentu anda harus mengerti dalam hal ini walau tidak harus ahli dalam pemrograman web blog. Hal dasar tentu mau tidak mau harus mengerti.

Dalam hal desain blog, anda tidak perlu membuat desain blog yang bagus. Anda tidak perlu  itu. Yang anda perlukan adalah anda tahu tempat yang bagus untuk membeli desain blog. Karena anda menjadi full-time blogger bisnis online maka anda harus memberikan blog yang profesional untuk mengunjung anda nanti.

Anda sudah mahir menulis? Yes, seorang blogger pekerjaannya adalah menulis artikel. Tidak sah dikatakan blogger kalau masih membeli artikel orang lain. Seorang blogger pasti disebut seorang penulis online. Nah, anda harus mahir menulis artikel dan tidak lupa harus cepat menghasilkan artikel kalau ingin menjadi full-time blogger bisnis online.

Bila anda mahir bahasa Inggris, saya lebih menyarankan untuk mengoptimalkan menulis artikel bahasa Inggris untuk blog pasar luar negeri. Rata-rata 1 blog akan menghasilkan $1000 per bulan dengan hanya menjual 1 produk dari Clickbank.com.

Kedua, tetapkan tujuan anda. Pastikan anda memiliki tujuan yang jelas mengapa memilih menjadi full time blogger bisnis online.

Saya tidak mengerti apa tujuan anda menjadi full-time blogger bisnis online. Namun dalam hal ini saya perlu mengingatkan bahwa tujuan menjadi full-time blogger adalah mengalihkan waktu kerja ke kegiatan blogger alias dari kerja ofline ke kerja online.

Kira-kira, anda tahu tidak bahwa kerja ofline tujuan intinya apa?

Yes, betul. Kerja ofline kerja intinya adalah mendapat gaji tiap bulan.

Apakah berbeda dengan kerja online alias menjadi seorang blogger bisnis online? Tentu sama tujuannya yaitu untuk mendapatkan penghasilan online tiap bulan bahkan jumlah penghasilan melebihi penghasilan secara ofline.

Jadi, tujuan inti menjadi seorang full-time blogger bisnis online adalah mendapatkan penghasilan online. Sehingga anda harus benar-benar memperhatikan hal ini yang membuat blog anda dan anda layak untuk dibayar.

Ketiga, pahami konsekuensinya. Menjadi seorang full-time blogger amat lain dengan seorang yang bekerja di kantor yang pasti dapat gaji sekian di tanggal sekian. Seorang full-time blogger harus berani melawan ketidakpastian penghasilan. Namun yang pasti, seorang blogger bisa menaikkan penghasilan 10 kali lipat dari kerja ofline.

Jika kemudian anda telah mantap memutuskan untuk menjadi seorang blogger full-time, sebaiknya ada persiapan menuju arah itu.

1. Pastikan anda sebelumnya sudah memiliki penghasilan dari online

Mungkin kebetulan anda seorang pekerja kantor yang punya kegiatan lain secara online yang mampu menghasilkan uang. Karena penghasilan online bisa menaikkan 10x dari penghasilan ofline sehingga anda mau keluar dari pekerjaaan dan beralih waktu menjadi full-time blogger bisnis online.

Kalau anda sudah berkeluarga, maka sudah memiliki penghasilan online untuk kebutuhan sehari-hari sebelum memutuskan keluar kerja adalah hal yang perlu diperhatikan. Anda jangan keluar kerja seenaknya karena anda sudah memiliki keluarga.

2. Miliki dana cadangan

Akan lebih baik lagi jika sebelum menjadi full-time blogger, anda memiliki dana cadangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kegiatan blogging anda karena biaya untuk blog tetap anda seperti koneksi internet.

Anda memang tidak perlu memperhatikan ini. Namun bila memiliki dana cadangan adalah lebih baik. Dana cadangan adalah uang yang ada di rekening anda untuk keperluan masa depan anda khususnya untuk keperluan blogging.

Dan ketika anda sudah mulai menjadi seorang blogger full-time, sebaiknya:
   
1. Anda punya jam kerja
Berapa jam per harinya anda harus urus blog-blog anda? Saya katakan bahwa menjadi full-time blogger bisnis online adalah mengalihkan waktu kerja ofline ke waktu kerja online. Namun jam kerja untuk seorang blogger tidak sesibuk orang yang kerja di kantor.

Paling mulai dari jam 8 sampai jam 12. Lalu dilanjutkan lagi dari jam 2 sampai jam 5. Dalam soal hari anda bisa kerja mulai dari senin sampai kamis dan libur 3 hari. Intinya terserah anda.

2. Anda punya target pencapaian terhadap blog-blog anda itu
Apa target pencapaian? Ya apa lagi kalau bukan mengasilkan uang sesuai target.

Sebelum menentukan target penghasilan maka anda harus menentukan jenis penghasilan yang akan anda peroleh dari blog bisnis online. Dalam contoh ini saya akan memisalkan penghasilan dari menjual produk sendiri atau orang lian.

Bila blog untuk pasar luar negeri maka target pencapaian bisa sekitar $1000 per bulan dengan trafik 5000 per bulan. Katanlah bahwa blog anda menjual produk Clickbank atau produk sendiri dengan komisi $20 maka kalau ada 50 penjualan dengan trafik 5000 maka dalam satu bulan bisa menghasilkan $1000.

Namun kalau blog untuk dalam negeri, saya tidak bisa menghitung-hitung. Namun intinya bisa menghasilkan 1-2 juta dalam sebulan dalam kegiatan menjual produk orang lain atau produk sendiri.

Ok! Siap menjadi full-time blogger dalam bisnis online? Kalau saya sudah siap karena memang tidak kerja secara ofline.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!