Cerita Sukses Sinta Dalam Bisnis Baju Lewat Online

Bisnis Baju, Bisnis Baju Online, Baju Online
Memulai bisnis baru dalam hal ini bisnis toko online ada hal yang menakutkan, mendebarkan sekaligus ada rasa kesenangan tersendiri karena memang baru memulai bisnis. Memulai bisnis baru tidak harus berawal dari pembelajaran bisnis atau punya banyak pengalaman menangani bisnis. Namanya juga bisnis baru sehingga ya melakukan apa adanya. Yang penting adalah mau bertindak untuk berani mengambil resiko gagal atau berhasil.

Berawal dari hal sederhana dalam membangun bisnis online tidak harus selalu menghasilkan apa adanya alias tidak mendatangkan keuntungan yang besar. Justru dari hal sederhana bila gigih mengembangkan bisnis maka akan tumbuh besar dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Jadi apa yang membuat bisnis dapat mendatangkan keuntungan yang berlipat-lipat seiring perjalanan waktu?

Saya akan mencontohkan seorang yang berhasil membangun toko online baju yang saya sebut dengan nama sinta. Ya, sebut saja sinta. Ia adalah seorang gadis cantik yang sudah berhasil membangun toko online baju dari langkah sederhana, berani dan tak banyak mikir mengenai rencana-rencana bisnis.

Walau ini hanya contoh, namun kisah Sinta adalah perwakilan dari banyak orang yang nyata berhasil membangun toko online dengan modal seadanya walapun membangun toko online terbilang bisa membutuhkan lumayan banyak modal alias modal cukup besar untuk bisnis.

Sinta adalah seorang sarjana yang sudah saatnya untuk mencari pekerjaan. Namun terhalang keadaan persaingan dan lainnya yang membuat ia sulit mencari pekerjaan. Ia hanya memiliki tabungan hasil kerja serabutan dan dari hal-hal lain.

Dalam keadaan keuangan yang tipis, Sinta memutar otak agar mendapatkan uang dengan cepat dengan jumlah yang memadai untuk biaya hidupnya. Ia pun tidak mau membebankan orang tuanya lagi dalam segi keuangan jadi benar-benar harus memutar otak.

Mengandalkan tabungan, ia nekat ingin memulai bisnis toko online. Maka terlintaslah untuk memulai bisnis online yang menjual baju.

Berbekal handphone-nya, Sinta berangkat ke kawasan Tanah Abang Jakarta, tempat penjualan baju-baju grosiran dengan berbagai kualitas. Hal ini adalah untuk melihat barang-barang yang akan dijadikan produk bisnis toko online-nya dan sekaligus memfoto baju-baju yang ada di toko baju itu untuk di pajang pada media online. Tentunya ia mengambil gambar dengan ijin sang empu toko baju.

Seperti halnya para gadis masa kini yang mempunyai jaringan pertemanan yang luas melalui media sosial, Sinta pun tergabung di media tersebut. Tentu ini adalah peluang bagus dalam mempromosikan produk baju lewat media online. Katakanlah sinta tergabung dalam media sosial Facebook sehingga nanti akan menjual baju lewat media Facebook.

Melalui satu media sosial yaitu Facebook tempat Sinta bergabung dan menjalin pertemanan, Sinta mengunggah foto baju-baju tersebut lengkap dengan informasi bahan baju, ukuran, variasi warna, dan harganya. Apakah hal ini menyulitkan? Tentu ini adalah hal yang mudah untuk bisa dilakukan seorang Sinta yang bermodal tipis.

Satu per satu pesanan pun mulai berdatangan dan semua pesanan dikirimkan melalui jasa kurir sehingga otomatis keuntungan pun diperoleh. Keuntungan penjualan per baju memang tidak sama karena sesuai dengan trend. Setelah menginjak bulan ketiga, keuntungan yang didapat Sinta bahkan tidak pernah dibayangkan olehnya sebelumnya.

Bisnis yang berawal dari keadaan dimana ia benar-benar tidak punya uang menjadi penghasilan utamanya ketika dia sukses menjual baju dengan angka pendapatannya yang menembus angka 30 Juta Rupiah!

Dari pengalaman menjual baju online tersebut dapatlah diambil kesimpulan bahwa selalu ada jalan untuk memulai bisnis online bahkan dari yang tidak pernah terbayangkan sekalipun. Asal, tentu jangan batasi pikiran kita dengan hal-hal yang menghambat perkembangan bisnis. Perlu menduga bahwa keberhasilan akan diraih sehingga benar-benar meraihnya dan jangan menduga bahwa bisnis tidak mungkin berhasil.

Modal awal untuk bisnis toko online Sinta dalam menjual baju online adalah kegigihan dalam keadaan terdesak dan beberapa ratus ribu rupiah untuk pemesan-pemesan pertama. Kegigihan membuat langkah besar bisa ditempuh apalagi hanya langkah sederhana yang dialami sinta. Bila memang mau menjalankan bisnis, maka hal penting adalah bertindak dan berjalanlah memulai bisnis sesuai keadaan.

Masih banyak orang-orang yang sukses mendapatkan omset jutaan sampai ratusan juta setelah belajar bagaimana menjual produk bisnis secara online dengan benar walau dalam keadaan keuangan yang tipis. Tentu ini ada guru berpengalaman yang mengajar lewat panduannya. Hal belajar ini penting agar langkah sederhana bisa terarah dan tidak perlu tral and error yang tidak memiliki arahan.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!