4 Tips Sukses Mengelola Bisnis Yang Merugi

tips bisnis, bisnis rugi, mengelola bisnis
Apakah ada orang yang sudah berusaha susah-payah membangun bisnis, katakanlah bisnis online, namun berkeinginan untuk membuat rugi perusahaan yang dibangun? Apakah ada? Soorang Bob Sadino yang berani rugi atau berani bangkrut saja tentu tidak ada niat untuk membuat rugi bisnis yang sudah dibangun.

Bila memang kerugian benar-benar terjadi pada bisnis kita, tentu hal yang biasa kita rasakan adalah ketidaknyamanan dan merasa khawatir kalau nanti bisnis menjadi bangkrut akibat mengalami kerugian yang tak tertolong.

Namun mengalami kerugian pada bisnis masih bisa tertolong. Yang penting kita perhatikan adalah apakah mau bersemangat bangkit dari kerugian bisnis yang dialami? Apakah yakin bisa mengatasi kerugian bisnis? Tentu hal ini tidak mudah tertanam dalam jiwa namun apa salahnya kan? Toh kita tidak ingin larut dalam rugi sampai akhirnya bangkrut. Toh selama ini kita sudah membangun bisnis dari nol dan tentunya banyak pengalaman.

Ada tips mengatasi bisnis yang merugi agar kembali berjalan normal dan menghasilkan keuntungan dan keuntungan yang berlimpah. Berikut adalah tips yang bisa Anda cermati sebagai bekal barangkali hal ini terjadi:

1. Melakukan evaluasi terhadap semua hal yang berkaitan dengan bisnis Anda

Di saat ada keriguan terhadap bisnis lantas kita tidak tahu bentuk kesalahannya yang membuat rugi, apa yang akan Anda lakukan?

Yes, evaluasi adalah hal yang terbaik. Evaluasi sebagai bentuk perenungan mencari hal-hal yang membuat bisnis Anda merugi.

Anda perlu mengevaluasi kinerja bisnis Anda, baik dari hal terkecil hingga terbesar. Kadang, kesalahan kecil yang berdampak besar pada kebocoran kapal laut bisnis tidak bisa terlihat oleh mata kita sehingga kita kesulitan mencari tempat yang bocor pada kapal laut bisnis. Sehingga Anda jangan meremehkan hal-hal terkecil. Cari hal terkecil yang membuat bisnis Anda  merugi.

Sebagai contoh, mungkin dalam transaksi bisnis akan terlibat komunikasi empat mata bersama orang yang akan ditawari produk bisnis. Disela-sela komunikasi, Anda membuat ia tidak senang walau itu hal sepele seperti “merokok tanpa ijin”. Namun ketidaksenangannya membuat transaksi batal dan membuat Anda rugi besar. Ini kesalahan kecil yang tak terlihat namun berdampak besar.
   
Melihat hal detail bisa dilakukan pada kedua sisi yaitu intern dan juga ekstern.

Dalam hal melihat kesalahan besar yang membuat bisnis Anda rugi, tentu Anda tidak perlu lagi mencari karena kesalahan itu sudah terlihat di mata Anda. Anda tinggal memperbaiki saja.

2. Memperbaiki sistem bisnis Anda termasuk sistem SDM   

Sering terjadi bahwa kesalahan pada sebuah bisnis yang berdampak pada kerugian terdapat pada sumber daya manusia. Bila memang mendapati tenaga kerja yang tidak profesional dalam kerja yang membuat bisnis Anda merugi maka bisa diganti dengan tenaga kerja yang lebih produktif, kreatif dan juga inovatif. Intinya diganti dengan yang punya sikap profesional.

Atau dengan solusi lain yaitu bisa memberikan pelatihan yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing tenaga kerja bila memang kesalahan yang dilakukan berupa kesalahan teknis yang tidak disengaja karena memang belum memiliki keahlian yang memadai bukan kesalahan yang disengaja.

Bila yang terjadi masalah adalah pada sistem bisnis, maka perlu lakukan perbaikan. Uji kualitas sistem dengan membandingkan dengan bisnis lain. Anda bisa mencari informasi mengenai sistem bisnis yang dianggap bermasalah untuk bisa diperbaiki secara normal baik.

Bila anda berjualan produk fisik secara online maka informasi mengenai sistem bisnis anda bisa mendapatkannya disini

3. Evaluasi kembali produk ataupun jasa yang Anda sediakan

Produk adalah wujud nyata dari sebuah misi bisnis. Anda bisa mengevaluasi produk Anda dalam segi kesesuaian dengan misi bisnis Anda. Bila belum memiliki misi yang bagus dalam bisnis Anda maka hal yang mungkin terjadi adalah produk yang dijual pun akan tidak bagus. Sehingga mengevaluasi produk atau jasa adalah mensesuaikan dengan misi bisnis Anda. Ini hal pertama.

Kemudian mengevaluasi kelayakan produk Anda di mata konsumen. Produk Anda bagus bukan hanya dari pemikiran Anda sendiri tapi juga menurut kebanyakan konsumen. Anda perlu menyediakan waktu untuk meriset kelayakan produk di mata konsumen. Anda bisa menggunakan sample sehingga tidak semua konsumen diminta untuk mencoba.

4. Jika diperlukan Anda bisa merenovasi tempat bisnis Anda menjadi lebih menarik.

Memiliki tampilan tempat bisnis yang menarik memungkinkan membuat banyak konsumen yang tertarik mengunjungi tempat Anda untuk mengetahui produk atau jasa Anda.

Sebagai contoh bisnis waralaba Alfamart dan Indomart yang memiliki tempat yang baik, menarik dan sejuk membuat banyak konsumen datang untuk membeli walau harganya sama dengan toko di sebelah.

Kalau sudah dalam penjualan secara online, maka desain website perlu Anda berbaiki lagi entah dalam hal kecepatan, tampilan atau kemudahan dalam website. Website merupakan tempat jualan yang penting juga diperhatikan.

Dari beberapa tips mengelola bisnis yang sedang merugi di atas, Anda bisa mengembangkannya lagi. Tentu pembahasan di atas hanyalah gambaran besar saja. Kalau mau membahas secara detail tentu perlu disesuaikan dengan masalah bisnis Anda sendiri.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!