3 Dasar Memulai Bisnis Di Internet yang Perlu Anda Tahu

Memulai Bisnis Di Internet, Memulai Bisnis
Anda mau memulai bisnis di internet? Jangan salah langkah. Banyak sekali beredar situs-situs bisnis yang mengakunya memiliki program bisnis di internet yang sering disebut dengan “program penghasil uang”. Namun pada dasarnya mereka hanya situs penyebar jaringan alias situs pengrekrut member.

Sebagai contoh, saya mendirikan sebuah situs “Sistem Uang Kaya”. Saya membuat penawaran bahwa saya menyediakan sistem yaitu berupa software penghasil uang yang akan mampu menghasilkan uang di internet atau sistem lainnya yang mampu menghasilkan uangnya.

Lalu saya luncurkan situs bisnis di dunia internet alias saya meng-online-kan situs saya. Setelah itu bermunculan orang-orang yang mendaftar dengan mentransfer uang 200.000. Mereka yang mendaftar akan mendapatkan web replika (dengan link affiliate/reseller) sehingga bisa dengan mudah mempromosikan situs saya untuk menghasilkan uang di internet. Bila ada yang beli pada member saya, maka member  dan saya dapat uang.

Selesai…

Ya seperti itulah situs-situs bisnis yang banyak beredar di dunia online walau tidak semuanya. Situsnya hanya menyediakan sistem untuk memperbanyak member jaringan atau merekrut member tanpa ada sesuatu yang bermanfaat yang dijual oleh situs bisnis.

Bila memang Anda menemukan situs bisnis online seperti kasus di atas, maka jangan mengikuti programnya. Kecuali kalau uang Anda ingin terbuang sia-sia maka silahkan mengikuti.

Maka dari itu saya ingin memberikan gambaran untuk memulai bisnis di internet agar Anda tidak tersesat.

Berikut adalah dasar untuk memulai bisnis di internet yang perlu Anda tahu…

1. Blogging, Situs Berita dan Lainnya…

Anda bisa memulai bisnis di internet dengan mengawali menjadi blogger. Dengan mengawali menjadi blogger maka yang diutamakan adalah menulis artikel yang bermanfaat.

Dengan membuat blog untuk kepentingan bisnis online maka harus memenuhi standar artikel bisnis. Bisa dikatakan memenuhi standar SEO. Karena kalau blog ingin menghasilkan uang maka perlu trafik yang melimpah dan trafik bisa diraih secara otomatis lewat SEO. Maka untuk Anda yang membuat blog untuk memulai bisnis harus memenuhi standar SEO.

Nah bila trafik sudah banyak maka Anda tinggal membuka jasa iklan. Anda mematok harga sesuai banyaknya trafik dan penempatan iklan.

Anda juga bisa mendirikan situs online yang berisi berita-berita. Bila trafik sudah banyak maka bisa mengundang para pebisnis untuk mengiklankan situs bisnis mereka. Contoh situs dalam hal ini adalah Detik.com, Kompas.com dan sebagainya.

Situs blog atau web berita ini mengandalkan trafik yang melimpah untuk menghasilkan uang. Tentu uang dari pemasang iklan.

2. Program Affiliate Marketing

Ada banyak program affiliate marketing. Saya akan menjelaskan 2 jenis program affiliate marketing yaitu PPS (dapat uang bila ada yang beli produk) dan PPC (dapat uang bila ada orang yang meng-klik iklan di situs anda).

Situs yang menerapkan program affiliate marketing PPS juga banyak. Yang terkenal adalah Clickbank.com dan Amazon.com atau kalau affiliate yang lokal maka bisa diserahkan ke situs-situs bisnis pribadi seperti situs membership Gm Susanto. Yang mendirikan situs affiliate PPC juga banyak yang terkenal adalah Google Adsense dan kalau situs lokal adalah Kliksaya.com.

Dalam situs program affiliate marketing PPS atau PPC, Anda bisa menjadi orang yang mendidikan perusahaan program affiliate marketing tersebut atau Anda sendiri yang menjadi marketer (untuk PPS) atau publiser (untuk PPC) yang memasarkan produk atau memasang iklan yang ada di perusahaan program affiliate.

Saya sendiri masih menjadi marketer untuk menjual produk yang ada di Clickbank.com.

Untuk menjalankan bisnis affiliate program bisa dengan kegiatan blogging atau mengandalkan iklan berbayar bagi affiliate marketer. Dan publiser bisnis PPC yang harus blogging.

3. Menjual Produk Atau Jasa Bisnis Sendiri
Menjual produk bisnis apapun bisa lewat internet dengan teknis yang berbeda. Bisa menjual produk berupa fisik seperti bisnis sepatu, sendal atau digital seperti software, ebook atau vidio.

Saya sendiri sudah mencoba menjual produk sendiri berupa produk informasi yang dikemas dalam ebook. Anda bisa lihat contoh bisnis produk ebook disini.

Tidak hanya menjual produk bisnis. Menjual jasa pun bisa walau jasa juga dianggap produk bisnis yang non fisik. Anda bisa membangun bisnis jasa di internet seperti bisnis jasa membuat website, bisnis jasa menulis artikel, dan sebagainya. Anda tinggal mempekerjakan orang lain untuk mengerjakan bisnis dan Anda yang mengawasi.

Anda bisa memulai bisnis di internet dengan cara sederhana dahulu. Mengerjakan sendiri dulu. Baru kalau sudah berhasil mendapatkan uang dan Anda pun kewalahan kerja sendirian maka bisa memperkerjakan orang lain.

Anda sudah mengerti tiga dasar untuk memulai bisnis? Nah seperti itulah dasar yang perlu Anda ketahui walau penjelasan di atas bisa jadi belum sempurna alias masih banyak lagi penjabarannya. Sekian.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!