5 Tips Bisnis Jual Hp Online Kondisi Persaingan

Bisnis Jual Hp, Bisnis Online, Hp Samsung
Bisnis jual HP alias singkatan dari Handphone merupakan salah satu peluang bisnis yang bagus. Bisa disejajarkan dengan peluang bisnis pakaian secara khusus bisnis pakaian wanita. Kenapa bisnis jual Hp dan pakaian bisa disejajarkan? Karena keduanya sudah dianggap seperti kebutuhan pokok. Artinya sering sekali orang menggonta-ganti kedua itu. Begitu ada keluaran Hp terbaru maka langsung ganti atau ganti saat sudah berumur 6 bulan untuk Hp atau kurang dari itu.

Bahkan kalau seseorang sudah berpenampilan menarik, keren dan apalah sebutannya tapi tidak diimbangi Hp yang menyesuaikan diri dengan pakaian, maka akan terlihat ‘kurang pas’. Hal inilah yang membuat bisnis jualan Hp bisa sama lakunya dengan menjual pakaian walau harga Hp terbilang lebih mahal dari harga pakaian.

Dengan kondisi pasar yang seperti inilah yang menjadi dasar untuk melangkah membuka bisnis jual Hp. Bisnis jual Hp lebih berdasarkan untuk memenuhi kebutuhan pokok seseorang yang memperhatikan penampilan. Bisa dikatakan menolong gaya berpenampilan seseorang. Untuk itu dalam bisnis menjual Hp, harus tahu perkembangan Hp dan kegunaan Hp sesuai kebutuhan gaya seseorang. Tentu agar bisa berkomunikasi dengan baik dengan konsumen yang mau membeli.

Dalam bisnis jual Hp, tidak hanya dilakukan secara ofline dalam tempat kios yang berukuran sedang. Bisa juga dilakukan secara online dalam melakukan penjualan Hp. Anda tidak hanya mengandalkan pelanggan terbatas, Anda pun harus mengandalkan pelanggan tanpa batas yaitu lewat online.

Seperti halnya penjualan Hp secara ofline yang sudah terjadi persaingan yang tetat, begitu juga dalam bisnis jual Hp di pasar online yang persaingannya sudah cukup ketat juga. Untuk itu Anda perlu perhatikan tips di bawah agar tetap berjalan seimbang di tengah-tengah persaingan bisnis penjualan Hp.

Pertama, berikanlah info yang lengkap mengenai handphone online yang Anda jual.

Anda tidak akan menghasilkan penjualan yang cukup besar kalau tidak secara detail menjelaskan spesifikasi Hp, performa Hp, dan harga Hp. Sebelum melangkah terjun ke dunia bisnis jual Hp, setidaknya Anda harus tahu banyak mengenai Hp. Anda bisa membeli majalah yang ada pembahasan seputar Hp atau membukan media online yang menjelaskan Hp.

Media ofline atau online sangat membantu Anda dalam memberikan pengetahuan Hp. Dan tak kalah penting adalah lihat-lihat situs penjualan Hp. Hm… Anda perlu perhatikan karena biasanya situs penjualan Hp mencantumkan informasi mengenai Hp. Yang penting diperhatikan adalah Anda harus mengerti mengenai penjelasannya.

Kedua, Berbaik hati kepada pelanggan dengan harga yang lebih miring dibandingkan tempat lainnya.

Anda perlu berbaik hati kepada pelanggan Anda dengan cara memberikan harga Hp yang murah. Sebelum menjadi pelanggan, bolehlah harga bisa bersaing dengan tempat yang lain. Sebagai strategi menjaring pelanggan maka perlu spesifikasi harga dengan yang bukan pelanggan.

Anda bisa menentukan untuk pembelian jumlah sekain untuk mendapatkan harga sekian yang murah. Tentu Anda harus pandai menentukan jumlah pembelian untuk mendapatkan diskon.

Misal di tempat lain, handphone Samsung Android dijual dengan harga 4.000.000 rupiah. Anda bisa  merubah sedikit menjadi 3.900.000 atau 3.800.000 untuk pembelian produk jumlah ‘sekian’. Dan jelaskan secara tertulis bahwa ini menghemat uang sampai 100.000. Secara psikologis akan mempengaruhi minat pembeli untuk menjadi pelanggan setia di bisnis jual Hp anda.

Ketiga, ramah-tamah namun professional terhadap pengunjung yang menghubungi Anda.

Sebelum memberikan pelayanan komunikasi, Anda menyediakan alat komunikasi untuk bisa menghubungi Anda. Setidaknya Anda harus mencantumkan no Hp, layanan chat.

Dalam hal komunikasi dengan pelanggan tentu harus ramah-tamah dengan tetap mempertahankan sikap professional terhadap konsumen. Jangan mudah bilang yang tidak mengenakkan karena seketika bisa saja konsumen akan pergi ke tempat lain. Penjualan secara online memudahkan konsumen untuk pindah-pindah tempat jadi harus benar-benar perhatikan ucapan Anda atau pegawai Anda.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam pengucapan maka bisa mencantumkan teks mengenai penjelasan produk.

Komunikasi yang baik adalah bekal untuk menghasilkan arus kas masuk ke bisnis jual Hp Anda.

Keempat, Teknik gabungan jangan Anda tinggalkan untuk menjual Hp.

Dalam menjual Hp, Anda bisa manfaatkan kios yang rapih dan nyaman untuk konsumen. Anda bisa menjual Hp secara ofline di tempat yang ramai. Ramai di sini adalah tempat berkumpul orang-orang yang berpakaian rapih, keren, penuh gaya, dan berduit. Biasanya di mall-mall. Ya, Anda tidak salah membaca. Karena kalau kita menjual Hp di pasar yang penampilannya tidak rapih, urakan, kantong tipis maka Hp Anda tidak laku kecuali Anda menjual Hp bekas.

Dalam teknik marketing, Anda bisa menyebarkan brosur kepada pengunjung mall kalau menjual Hp di mall.

Tidak lupa penjualan online karena untuk memperderas arus kas yang lebih. Anda bisa membuat website toko online yang profesional dan menggunakan domain sendiri. Kalau bisa menggunakan domain berakhiran ‘co.id’ untuk meyakinkan hati pengunjung.

Anda bisa membuat blog seputar Hp dan yang berkaitannya, aktif di forum dan mempromosikan di lapak jual-beli, aktif di jejaring sosial.

Dengan beberapa tips di atas, maka Anda bisa bersaing dengan bisnis jualan Hp yang lainnya. Anda bisa mendapatkan dua arus kas penjualan Hp yaitu dengan cara bisnis online dan cara bisnis ofline.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!