Cari Mentor Bisnis Untuk Membangun Bisnis Besar Sukses

Mentor Bisnis, Membangun Bisnis, Gm Susanto
Memang sulit dalam hal mencari mentor untuk belajar bisnis besar secara khusus bisnis online. Karena seorang yang mampu bisnis biasanya tidak akan mengajarkan bisnis kepada sembarangan orang alias orang lain. Lalu bagaimana cara untuk mencari mentor bisnis?

Jangan khawatir. Sekarang zaman sudah berubah. Dari era industri ke era informasi alias era online.

Apa maksudnya?

Maksudnya adalah banyak informasi di internet mengenai cara membangun bisnis yang sukses dan tetap sukses, baik bisnis kecil-menengah atau bisnis besar. Tapi biasanya informasi di internet untuk membangun bisnis secara profesional tidaklah gratis. Anda jangan kesal dahulu bila ada orang yang menjual panduan bisnis.

Bila panduan bisnis diberikan gratis maka sama saja menghancurkan bisnis sendiri. Anda jangan pelit dalam hal investasi di pembelajaran bisnis khususnya bisnis online. Nilai uang Anda akan berubah menjadi keterampilan bisnis yang ampuh.

Belilah panduan bisnis yang terjual di internet. Tentu jangan asal membeli karena ada situs yang menjual panduan bisnis hanya mengajari kulitnya saja tetapi harganya mahal.

Dengan membeli panduan bisnis untuk membangun bisnis, sama saja Anda belajar langsung alias tatap muka pada mentor bisnis yang sudah berpengalaman membangun bisnis.

Anda bisa saja mencari buku bisnis di toko buku dengan tema bisnis. Namun Anda perlu cermat dalam memilih buku. Sebagian buku bertema bisnis adalah sebuah ajang marketing untuk membentuk brand si penulis dan bisnisnya.

Ya saya tahu kalau buku ada yang sebagai strategi marketing bisnis karena saya pun banyak membeli buku bisnis terutama buku Robert T Kiyosaki.

Bila Anda memilih untuk membangun bisnis secara online, maka lebih baik Anda membeli panduan bisnis yang banyak beredar di internet. Walau prinsip bisnis antara ofline dan online sama, tetapi kalau membeli panduan bisnis online secara khusus maka akan lebih rill langkah-langkah bisnisnya.

Saya sendiri belajar bersama Gm Susanto lewat 3 Panduan Bisnis miliknya. Ketiga-tiganya saling berkaitan dan sangat melengkapi ilmu bisnis saya.

Untuk memilih mentor bisnis, Robert T Kiyosaki dalam buku Cashflow Quadrant menasehati agar selalu waspada dari nasehat-nasehat para pembimbing bisnis alias mentor bisnis. Kehati-hatiannya adalah mengenai "Apakah sudah menerapkan sendiri ilmu bisnis yang dimiliki atau hanya sekedar katanya?" "Dalam mengajarkan hasil pengalaman, apakah terbuka dalam mengajari bisnis untuk Anda?"

Selama saya mempelajari panduan bisnis milik Gm Susanto, banyak sekali pengalamannya mengenai bisnis. Maka saya menganggap bahwa Gm Susanto adalah pebisnis internet produktif. Saya tidak berkata bahwa Gm Susanto seorang pebisnis yang jago standar dengan Tung Desem dan Robert T Kiyosaki. Tetapi hanya sebagai pebisnis produktif yang pandai memanfaatkan peluang bisnis.

Bahkan sebelum mendirikan bisnis secara online, Gm Susanto sudah membangun 3 unit bisnis dalam waktu kurang dari 8 bulan yaitu : 6 Unit Franchise Burger, Bimbingan Belajar Privat, Comikzone. Gm Susanto menjadi BOS dengan mempekerjakan belasan karyawan.

Dalam 3 panduan milik Gm Susanto tidak hanya mengajarkan langkah praktis bisnis tetapi ia juga mempraktekkan sendiri secara rill sebagai contoh untuk pembelajaran bisnis.

Di sini saya hanya berbicara fakta yang saya tahu dan sesuai kemampuan saya mengetahui kemampuan mentor saya dalam pembelajaran bisnis untuk membangun bisnis sukses dan sukses membangun bisnis besar.

Tetapi untuk membangun bisnis besar, Anda jangan hanya mengandalkan satu mentor bisnis. Anda perlu mencari beberapa mentor seperti Tung Desem Waringin lewat panduannya dan lainnya yang tentu lewat panduan bisnisnya.

Setelah Anda berhasil membangun bisnis, ofline atau online, lalu apa lagi?

=> Investasikan uang untuk membangun bisnis kembali.

Para pebisnis besar selalu menekankan 'uang untuk investasi' setelah berhasil meraup keuntungan dari bisnis. Tidaklah aneh bila ada seorang yang kaya malah makin kaya. Prinsipnya sederhana yaitu menginvestasikan uang hasil bisnis untuk membangun bisnis kembali atau investasi lainnya seperti ke properti. Tetapi dalam hal ini investasikan uang untuk membangun bisnis baru.

Dengan melakukan hal sederhana membangun bisnis maka dengan sendirinya Anda akan mampu membangun bisnis besar kalau memang menginginkan punya bisnis besar yang sukses dan kokoh bertahan lama.

Pembelajaran secara otomatis dari kehidupan akan membentuk jiwa pebisnis yang profesional untuk Anda. Sukses!

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!