Teks Iklan Bisnis Modal Cekak Di Iklan Baris Online

Iklan Bisnis Online
Seperti yang sudah saya bahas mengenai bisnis online untuk orang miskin pada pembahasan sebelumnya, saya memberi tips agar memulai belajar membuat iklan bisnis dan beriklan dalam situs iklan baris bisnis online. Maka dari itu saya akan memberikan tips belajar membuat teks iklan yang berbobot untuk kegiatan marketing online.

Bisa membuat iklan bisnis online adalah salah satu modal bisnis yang bukan berupa uang yang harus bisa dimiliki orang yang “bermodal cekak” atau “orang yang sengaja” ingin melakukan bisnis dengan modal cekak.

Nah, langkah awal belajar Anda salah satunya adalah membuat iklan bisnis online. Daripada memikirkan modal bisnis berupa uang yang masih cekak, masih mending memikirkan modal bisnis berupa keahlian membuat iklan.

Dalam membuat iklan bisnis online yang diperlukan adalah kreatifitas menulis. Anda perlu belajar menulis teks iklan dengan tema yang sama. Karena dengan kreatifitas, maka Anda bisa membuat iklan yang bisa mempengaruhi psikologis manusia.

Langkah awal membuat teks iklan bisnis online adalah membuat teks yang mengandung kalimat pemikat hati pengunjung alias orang yang membaca teks iklan bisnis Anda. Walau terlihat menarik teks iklan Anda sampai mengunjungi situs yang Anda cantumkan, tetapi belum tentu membeli produk bisnis yang Anda jual.

Alasan membuat iklan bisnis online adalah untuk memperkenalkan produk. Selebihnya adalah seharusnya ada proses lagi agar pengunjung mau membeli namun cara ini belum pas bagi yang belum memiliki situs pribadi seperti blog untuk bisnis.

Sehingga sekali lagi saya ingatkan bahwa tujuan Anda membuat teks iklan bisnis adalah agar Anda bisa menulis kata-kata yang bisa menarik hati pengunjung. Dengan begitu maka bila sudah saatnya Anda terjun ke dunia blogging, Anda sudah mahir membuat artikel marketing yaitu artikel yang berisi iklan yang tak terlihat alias iklan halus untuk kepentingan menjual produk bisnis.

Saya akan terlebih dahulu memberikan contoh iklan yang sudah jadi hasil mencopy-paste dari situs utama.

Panduan Affiliate Clickbank.com
Panduan Affiliate Clickbank.com

Panduan Menjual Ide, Keahlian dan Pengalaman

Panduan Affiliate Clickbank.com

Panduan Toko Online

Panduan Toko Online, Iklan Bisnis Online
Gambar di atas adalah sekedar contoh. Anda bisa merubah kata-katanya. Tiga iklan di atas bisa Anda rubah kata-katanya sampai bisa menghasilkan masing-masing panduan sekitar 10 teks iklan bisnis. Pengalaman saya, memang bisa dirubah dengan kalimat yang berbeda sampai puluhan.

Tulisan merah: Headline
Tulisan hitam: Sub headline
Tulisan biru: Link produk affiliate yang sudah disingkat.

Headline harus menarik. Untuk membuat headline yang menarik dan bisa memikat hati orang adalah terus-menerus latihan dengan memodifikasi headline dari berbagai situs bisnis. Anda bisa cari situs penjualan. Terserah produk apa saja. Lalu ambil headline-nya dan Anda modifikasi.

Coba Anda bayangkan kata-kata iklan berikut:

Iklan 1: Dapatkan PASIF INCOME PULUHAN JUTA RUPIAH Dari Internet Dengan Hanya Menjual IDE/HOBI/KEAHLIAN Sambil Ngumpul Asik dan Santai-santai Bersama Keluarga Tercinta.

Iklan 2: Dapatkan PASIF INCOME PULUHAN JUTA RUPIAH Dari Internet Hanya Menjual IDE/HOBI/KEAHLIAN dengan Disertai Semangat Kerja Keras dan Kerja Cerdas Bersama Keluarga.

Kira-kira menurut Anda yang lebih mempengaruhi hati Anda teks iklan yang apa?

Saya tidak perlu menjawab karena Anda bisa mengetahui teks iklan yang membuat Anda tertarik. Yang jelas kedua iklan itu memiliki pengaruh alias daya tarik namun kekuatan pengaruh terhadap hati pembaca berbeda. Silahkan pilih iklan mana yang pengaruhnya lebih besar.

Bila mengukur pengaruh adalah memperhatikan hati nurani Anda dan ketenangan pikiran. Jangan terlalu terbawa penuh semangat untuk membuat teks yang memengaruhi pembaca karena nanti hasil teks iklan bisa dicap “Mengada-ada”. Kalau terlalu tidak bersemangat alias penuh nada pesimis maka hasil iklan terlihat hambar, tidak ada greget.

Sub headline adalah pengkuat headline. Anda bisa memberikan penjelasan singkat mengenai produk bisnis yang dijual atau lainnya yang sebagai penguat saja yang kegunaanya mengarah kepada penjelasan benefit alias keuntungan bila si pengunjung membeli.

Link affiliate produk harus ada dalam teks iklan. Walau nanti anda sendiri dalam pemasangan situs affiliate di kolom situs iklan baris online tetapi perlu juga memasang link dalam badan teks iklan. Kalau memasang link produk bisnis affiliate maka harus disingkat terlebih dahulu.

Caranya:
  • Kunjungi situs www.tinyurl.com
  • Di bahwa tulisan "Enter a long URL to make tiny" ada kolom kosong. Nah masukkan link affiliate produk dengan lengkap seperti misal http://www.namalinkaffiliate.com/vip?elbuy
  • Klik Make TinyURL
  • Custom alias (optional) kosongkan saja karena tidak bisa kalau beruapa link affiliate
Nanti hasinya ini: http://tinyurl.com/ksb9r23

Bila teks iklan sudah jadi maka promosikan lewat situs iklan baris online. Saya sarankan jangan menggunakan software iklan baris karen sudah tidak ada gunanya dan ini tergolong spam.

Caranya bagaimana untuk mengiklankan? Silahkan junjungi warnet.

Pilih iklan baris Iklanjoglo.com, www.campiklanbaris.com atau ketikkan kata kunci di google dengan "Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar".

Lihat situs dan perhatikan jumlah pengunjung per hari. Usahakan lebih dari 1000 pengunjung.

Lihat kolom "Pasang Iklan" atau klik menu pasang iklan, lalu isi data di bawah:
  • Type Iklan: Iklan gratis
  • Kategori: Bila produk bisnis online berarti kategori bisnis online
  • Judul Iklan : Panduan Affiliate Clickbank.com
  • Isi Iklan: masukkan teks iklan Anda.
  • Website: masukkan link affiliate produk. tidak perlu link yang singkat
  • Label/Tag: misal Bisnis Online, Panduan Clickbank.com
  • Gambar: masukkan gambar apa saja yang berkaitan. Cari di google
  • Nama : Apa saja
  • Email: Apa saja
  • Kota: tidak perlu ditulis
  • No HP: tidak perlu ditulis
Lalu klik pasang. Nanti muncul kode pengaman berupa angka atau huruf. Masukkan angka atau huruf yang ada disitu.

Cara iklan bisnis online lewat iklan baris memang tidak efektif kalau menggunakan fasilitas free. Karena harus aktif beriklan berjam-jam sehingga menguras keuangan Anda walau cuma free. Hasilnya pun kurang memuaskan. Namun sebagai langkah awal belajar bisnis online dan uji coba sekali menggunakan tarif 1 jam di warnet, maka silahkan memasang iklan di berbagai situs iklan baris. Nanti saya akan memberikan penjelasan mengenai iklan bisnis di situs lain yang bukan situs iklan barus.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!