Memulai Promosi Bisnis Modal Kecil/Cekak Via Facebook

Promosi Bisnis, Bisnis Modal Kecil
Banyak media gratis yang kegunaannya untuk promosi bisnis gratis juga. Dalam hal ini media Facebook. Walau terbilang “lumayan” dalam promosi gratis untuk menghemat modal bisnis, namun tidak menjamin bisa untuk kaya dalam waktu cepat dari bisnis. Karena kalau ingin kaya dari bisnis dengan cepat harus menggunakan media promosi berbayar.

Anggap saja promosi gratis di Facebook sebagai solusi bagi bisnis modal kecil alias bisnis modal cekak. Mungkin Anda termasuk orang yang sedang menjalankan bisnis modal kecil atau mau menjalankan bisnis modal kecil alias modal cekak. Kalau Anda memang seperti ini, maka saya akan mencoba menguak tips promosi via facebook yang terbilang “ramah alias sopan”.

Saya tidak menyarankan Anda untuk meng-add banyak orang di facebook atau sekedar menfollow orang di Facebook. Saya tidak menyarankan hal ini. Karena Facebook sekarang sudah ketat sehingga tidak sembarangan untuk meng-add. Kalau teman Anda sudah 500, ya sudah cukupkan segitu.

Saya ingin menyarankan Anda untuk mengikuti grup 'terutama' grup bertemakan blogger, sesuai tema produk dan bisnis. Ada banyak grup di sana yang bisa Anda ikuti. Biasanya grup semacam bisnis atau blogger bersifat terbuka dan boleh promosi produk.

Hal penting dalam memilih grup untuk kegiatan promosi bisnis modal kecil/cekak adalah memilih grup yang aktif plus di atas 1000 anggota. Artinya anggota grup setiap hari meng-update status di halaman grup yang diikutinya. Jangan ikut grup yang jarang terupdate alias tidak aktif walau jumlah pengikut banyak.

Minimal Anda memilih atau mempunyai grup sekitar 10 grup. Nah, kalau misalkan Anda mempromosikan sebuah produk bisnis setiap hari ke 10 grup maka kalau dikali 30 hasilnya bisa mencapai 300 promosi. Kalau biaya warnet atau paket internet via HP per hari cuma 2000,- maka 30 hari mencapai 60.000,-. Tentu 60.000,- ini bukan uang yang kecil. Masih mending uang 60.000 untuk update artikel di blog bisnis atau forum sampai 60 artikel.

Jadi, kalau Anda ingin promosi bisnis di Facebook lewat grup, perbanyak dulu grup sampai dengan 20 grup. Masing-masing anggota aktif setiap hari. Lalu cukup menyediakan uang warnet sekitar 12.000-16.000 per bulan. Usahakan hanya mengelurkan modal 2000 per hari untuk promosi di Facebook.

Ini hanya percobaan saja dalam promosi bisnis di Facebook. Ini sebagai pengalaman saja dalam bisnis modal kecil. Karena promosi inti adalah lewat blog pribadi atau forum. Bagi yang belum punya komputer atau koneksi internet maka lebih baik di forum karena tidak perlu banyak otak-atik masalah desain, trafik dan sebagainya mengenai blog..

Bila memang promosi bisnis di Facebook, bagaimana teks iklan bisnis online yang harus dipasang? Nah, saya sudah membahas pada artikel sebelumnya mengenai membuat teks iklan bisnis di iklan baris. Silahkan Anda membaca.

Namun dalam promosi di Facebook, kalimat isi dari sebuah produk harus dijelaskan dengan detail. Anda bisa menulis via Hp, komputer atau mencopy-paste dari situs utama. Kira-kira 250-300 kata dalam menulis teks iklan promosi di facebook. Anda bisa lihat contohnya di www.bisnisonlineindonesia.siteindo.com.

Terlebih dahulu Anda publish teks iklan dalam catatan Facebook. Nanti Anda cuma memberikan paragraf awal-awal saja alias Headline+Sub Headline dalam promosi bisnis modal kecil di grup Facebook.

Misal:

Promosi Bisnis, Bisnis Modal Kecil

Atau kalau mau langsung mempublish semua teks ke kronologi grup Facebook juga tidak apa-apa… Namun Anda perlu menyimpan teks iklan dalam catatan Facebook. Karena nanti ada gunanya yaitu untuk dipasang di signatur forum.

Bagi yang tidak punya komputer, maka bisa mendatangi warnet saja.

Dan, jangan lupa. Setiap update status 'bukan promosi' di kronologi sendiri atau di grup maka Anda harus menyertakan link catatan Facebook yang sudah dibuat. Kalau memang ada waktu dan modal tidak membuat uang Anda terkuras.

Nah, kalau sudah mencoba promosi di Facebook Anda harus ganti promosi bisnis modal kecil di forum Kompas. Namun promosi di forum kompas ada tekniknya agar jangan dianggap spam. Ya nanti saya akan berikan di artikel berikutnya.

Tentunya marketing bisnis ini khusus untuk kaum miskin, orang yang tidak punya komputer, atau orang yang ingin bisnis modal kecil alias cekak. Nantikan teknik promosi di forum Kompas untuk bisnis bermodal kecil alias cekak.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!