7 Langkah Sukses Artikel Marketing Bisnis

Artikel Marketing, Marketing Bisnis
Artikel atau lebih umum adalah tulisan dalam pemasaran produk bisnis secara online merupakan salah satu alat yang mampu menarik pengunjung ke situs bisnis Anda. Bahkan yang terbaik di mata mesin pencari seperti Google.com dalam urusannya untuk memperhatikan pengunjung. Begitu juga tulisan artikel yang secara spesifik artikel marketing yang sangat ampuh dalam meningkatkan jumlah pengunjung dan jumlah penjualan produk bisnis.

Rata-rata orang akan mencari sebuah informasi dan kebanyakan informasi berupa tulisan. Maka bila sebuah bisnis yang memiliki website penyedia informasi berupa tulisan, salah satunya artikel yang bermanfaat maka akan diburu para pengunjung. Orang-orang membutuhkan informasi yang terpercaya.

Sehingga membuat artikel marketing untuk bisnis dalam pemasaran online adalah hal yang paling penting yang perlu Anda lakukan dalam meningkatkan jumlah pengunjung ke situs bisnis Anda. Artikel marketing tidak hanya memberikan sebuah informasi tetapi juga penawaran tersembunyi produk bisnis yang membuat pengunjung tidak merasa sedang ditawari sebuah produk bisnis.

Ada tips-tips di bawah ini yang harus diterapkan dalam artikel marketing untuk kepentingan bisnis Anda. Tips ini pun sudah terbukti ampuh dalam membantu mendatangkan pengunjung ke dalam situs bisnis Anda:

1. Informasif dalam artikel marketing bisnis.

Tentu dalam memberikan tulisan adalah untuk memberikan informasi tertentu baik berupa solusi ataupun berita. Bila memang tidak memberikan informasi maka tentu situs tersebut tidak ada sama sekali tulisan. Sehingga pengertian memberi informasi sudah berlaku pada tulisan yang terpublis untuk umum.

Pengertian yang lebih spesifik adalah benar-benar serius memberikan informasi sehingga dikatakan informatif. Intinya adalah Anda tidak membuat tulisan main-main yang terkesan pelit dalam memberi informasi yang bersifat gratis.

2. Variasikan artikel marketing bisnis dengan artikel lainnya.

Teknik memvariasikan artikel biasanya berlaku untuk situs blog. Dalam blog, biasanya penulis atau pemilik blog memberikan informasi ringan tanpa ada kaitannya dengan marketing dan juga berisi informasi ringan yang diselipi kegiatan marketing bisnis secara halus.

Tentu ada informasi yang terang-terangan dalam marketing sehingga tulisan hanya menjelaskan secara detail mengenai produk yang ditawarkan. Biasanya artikel jenis ini sebagai penegasan atau penguat tehadap artikel-artikel marketing yang lain.

3. Buatlah sesederhana mungkin dalam tulisan artikel marketing bisnis.

Dalam menggunakan bahasa tulisan untuk artikel marketing, tentulah Anda harus meniru gaya tulisan seperti orang yang sedang bercakap dengan teman baik Anda. Anda tidak mungkin berbicara tidak jelas bila berbicara dengan teman baik Anda. Tentu Anda akan berusaha berbicara dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Atau Anda membuat tulisan seperti tulisan berita dalam koran atau lainnya. Bahasa dalam tulisan jurnalis berita sangat jelas dimengerti oleh orang yang masih berumur remaja sekalipun. Tidak ada bahasa ilmiah kecuali bahasa yang sudah umum dimengerti kebanyakan orang.

4. Gunakan situs direktori artikel

Setelah Anda memiliki artikel untuk marketing bisnis hasil karya sendiri atau jasa penulis konten, maka Anda bisa gunakan situs direktori artikel untuk mempublish artikel. Situs direktori artikel kebanyakan dari luar negeri dan tidak ada situs direktori lokal kecuali forum. Kalaupun ada situs lokal namun keberadaan situs direktori lokal kurang diminati.

Jadi bila artikel Anda berbahasa Indonesia lebih baik menggunakan forum seperti forum Kompas walau penggunaan signatur tidak boleh dengan kalimat berlebihan. Atau Anda bisa menggunakan media situs blog orang lain yang memiliki trafik banyak walau Anda harus menghubungi mereka dulu untuk melakukan proses transaksi sebelum tulisan Anda dipublish.

5. Gunakaan autoresponder/mesin penjawab otomatis.

Mempopulerkan artikel marketing untuk bisnis bisa dengan mesin penjawab otomatis alias disebut autoresponder. Teknik ini merupakan teknik gabungan dengan email marketing. Hal ini penting dilakukan karena kebanyakan pengusaha sukses tidak bisa lepas dengan kegiatan memberi informasi lewat email.

Tentu kesulitan menggunakan email marketing dalam mempopulerkan artikel adalah Anda harus terlebih dahulu membangun jumlah pelanggan newsletter alias pelanggan informasi via email.

Bila dalam waktu cepat bisa mendapatkan pelanggan newsletter sekitar 1000 maka tentu ini sebuah peluang bisnis yang bagus dalam mempromosikan produk lewat artikel marketing. Namun bila memang tidak bisa membangun jumlah pelanggan maka lebih baik menghentikan layanan email marketing karena akan menguras biaya penyewaan autoresponder.

Anda bisa mendapatkan pelanggan via email dengan menggunakan teknik gabungan yaitu bloging, iklan berbayar, iklan gratis.

6. Masukkan artikel-artikel yang telah Anda buat ke dalam blog Anda.

Di samping mengirimkan artikel marketing ke situs direktori artikel, Anda juga bisa memasukkan artikel marketing di blog Anda. Biarkan artikel Anda dalam blog sama persis tulisannya dengan artikel yang ada di situs direktori artikel. Namun Anda bisa merubah settingan artikel yang ada dalam blog menjadi “noindex” agar tidak bisa terindex mesin pencari sehingga tidak terjadi duplikat konten.

Sebagian artikel marketing yang masih belum terpublis, lebih baik di publish semua ke dalam blog bisnis online Anda dan jangan dipost semua ke dalam situs direktori artikel.

Buatlah artikel marketing dan artikel lainya setiap hari. Untuk tahap-tahap awal di saat pengunjung belum banyak maka bisa mengusahakan menulis 1 hari 1 artikel. Bila memang sudah memiliki pengunjung yang banyak maka bisa dikurangi misal 2 kali dalam seminggu.

Jangan lupa gunakan kemampuan Anda dalam mengutak-atik artikel sehingga Anda akan bermain dalam memvariasikan kata kunci dan isi dalam artikel. Tentu hal ini perlu latihan yang tidak gampang. Namun Anda bisa menghemat tenaga Anda karena Anda tidak perlu memikirkan hal-hal yang rumit.

7. Promosikan artikel/tulisan yang asli dengan menggunakan video.

Melakukan promosi artikel lewat vidio memang terlihat aneh. Karena memang vidio adalah untuk merekam gambar dan suara. Namun dalam kepentingan marketing, kenapa tidak? Anda bisa merekam tulisan Anda sambil membicarakannya sehingga terlihat komunikatif. Alat vidio yang dimaksud bukan vidio dalam arti menggunakan kamera vidio tapi menggunakan vidio yang bisa merekam aktifitas di komputer.

Anda bisa membuat tulisan yang ringkas sekitar 150-200 berupa point-point penting lewat MS Word dan penjabarannya bisa lewat penjelasan lisan. Hal ini akan menjadi nilai plus dalam strategi artikel marketing bisnis lewat vidio. Jadi tidak hanya merekam tulisan tetapi ada nuansa komunikatif.

So, bila tips di atas cukup membantu Anda dalam hal marketing bisnis lewat artikel, kenapa tidak laksanakan segera?

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!