Kerja Tim Bisnis Dengan 4 Dasar Sifat Manusia (Bagian 1)

Bagaimana membentuk kerja tim dalam kepentingan untuk bisnis dengan memperhatikan dengan baik 4 dasar sifat manusia agar membentuk tim bisnis yang solid dan berkualitas?

Anda tahu olehraga tim sepak bola? Mungkin Anda salah satu penggemar sepak bola. Hm... Anda pasti tahu bagaimana seharusnya agar menjadi pemenang dalam pertandingan bola.

Ya, betul sekali. Kekompakan sebuah tim mempermainkan bola demi tujuan yaitu mendapat gol kemenangan dan mempertahankan agar tidak kebobolan gol lawan.

Saya rasa, di sini tidak sedang membahas bola. Jadi, silahkan Anda bahas sendiri bersama teman terbaik Anda, Ok!

Menurut Robert T Kiyosaki dalam buku "Guide To Investing" (terj) bahwa bisnis adalah olahraga tim. Bila memang olahraga tim, tentu akan memperjuangkan untuk menggapai "Gol" seperti sepak bola.

Kalau gol dalam bisnis tentunya mendapatkan keuntungan melimpah sesuai target di setiap perjalanan bisnis atau di setiap kegiatan promosi suatu produk bisnis.

Tim bisnis itu saling melengkapi dan saling menguntungkan. Seorang pekerja rendah, katakanlah OB, tetap ia harus dianggap seorang pekerja yang penting. Aneh kan bila seorang manajer atau direktur membuat kopi atau lainnya sendiri? Bisa-bisa turun harga. Tentunya membuat kopi dan lainya badian OB.

Bila berbicara tim, maka berbicara tentang manusia. Ini masalah yang tidak gampang bila sudah menyangkut masalah manusia. Oleh karena itu, kemampuan berurusan dengan orang lain patut diperhatikan.

Saya mempunyai buku dari Les Giblin tentang teknik berurusan dengan orang lain dengan judul, "Kunci Sukses Meyakinkan dan Mempengaruhi Orang Lain dalam Berbagai Urusan Agar Mampu Meraih Kesuksesan dan Kebahagiaan" (terj). Nah, buku Les Giblin ini patut Anda pelajari bila memang ingin membentuk tim bisnis Anda yang bisa untuk diajak kerjasama.

Bagaimana tim untuk bisnis di internet Anda?

Walau bisnis di internet alias bisnis online bisa dikerjakan sendiri. Tapi bila sudah berbicara sistem bisnis maka pekerjaan tersebut belum dikatakan sifat bisnis kuadrant B (Business Owner/Big Business) walau saya masih bingung antara perbedaan kuadran bisnis kecil dan kuadran bisnis besar karena sama-sama bisnis.

Jadi, bisnis di internet bisa menggunakan tim seperti jasa programming, jasa SEO, jasa penulis content, mesin autoresponder, dan lainnya walau tidak memiliki tim intern. Karena memang membangun bisnis online bisa dengan melakukan sendiri dan tanpa terus-menerus mengurusi bisnis namun tergantung jenis bisnis yang dilakukan.

Seorang pebisnis pada akhirnya menjalankan bisnis dengan sistem salah satunya tim bisnis dan tidak mau terlibat langsung didalamnya.

Bila Anda mau membangun sistem bisnis yang bekerja untuk anda, maka Anda harus melepaskan banyak pekerjaan di bisnis dan menyerahkan kepada tim Anda, baik tim ekterin atau intern.

Patut Anda pelajari siapa saja tim untuk bisnis Anda terutama tim intern. Tetapi dasar yang perlu Anda pelajari tentang tim bisnis adalah:
  • Mempelajari tim tentang diri Anda sendiri. Dalam hal ini adalah manajemen diri.
  • Mempelajari tim tentang orang di sekitar Anda.
  • Mempelajari tim tentang hal yang teknis untuk kepentingan bisnis Anda. Saya anggap benda mati yang membantu bisnis adalah tim bayangan seperti komputer, dll.
Apa maksud mempelajari tim tentang diri anda? Maksudnya adalah Anda mempelajari tentang diri Anda. Anda perlu tahu siapa diri Anda sebelum tampil dalam tim bisnis.

Anda pun tahu kalau manusia terdiri dari berbagai macam unsur. Unsur yang utama dalam diri manusia adalah hati dan pikiran yang akan merenungi dan meresapi keadaan.

Manusia memiliki kebaikan dan sekaligus memiliki keburukan yang ada dalam dirinya.

Bila Anda tampil dalam sebuah tim bisnis, apa yang harus Anda lakukan?

Tentunya, jiwa dan raga Anda harus siap menghadapi dengan orang lain yang terlibat dalam satu tim bisnis.

Bila jiwa dan raga Anda tidak siap dalam menghadapi orang yang ada di dalam tim bisnis, maka perlu mempelajari lebih dalam tentang diri Anda dan apa yang seharusnya ada dalam diri Anda untuk tim bisnis.

Lebih jelas, saya akan menguraikan 4 dasar sifat manusia yang perlu anda tahu menurut Les Giblin dalam bukunya sebagai dasar membentuk tim bisnis agar Anda bisa membangun diri dengan baik bersama tim bisnis.

Dengan mengacu pada 4 dasar yang akan saya sebut, maka Anda bisa belajar bagaimana manajemen diri Anda sendiri dalam persiapan menghadapi orang-orang dalam satu tim bisnis. Begitu juga mempelajari tim bisnis tentang orang di sekitar Anda.

Dengan mengacu pada 4 dasar, maka Anda bisa kerjasama dengan orang lain dengan baik dan memperbaiki tim yang belum bisa kerjasama dengan baik.

4 Dasar membangun tim bisnis dilanjutkan pada artikel berikutnya

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!