Pengertian dan Kepentingan Bisnis Online

Apa sih pengertian bisnis online? Apa pula kepentingannya? Pengertian berarti kita berusaha untuk mengerti. Tetapi kepentingan, kita berusaha untuk menjadikan penting tentang pengertian bisnis tersebut.

Dari zaman dahulu sampai zaman serba online, kebanyakan orang sudah tahu tentang pengertian bisnis online. Ya, pengertian sederhananya adalah seperti kita jualan produk/jasa tetapi lewat media internet. Kalau begitu, berarti punya kesamaan antara bisnis online dengan bisnis ofline? Tidak ada yang menyangkal. Semua berpendapat sama. Memang kedua bisnis itu sama, sama-sama mencari keuntungan walau medianya berbeda.

Lalu, halalkah bisnis online itu? Kalau mau jawaban itu, tanya saja sama Pak Ustadz yang sudah menjalani binsis ini. Pasti mengatakan halal bila memenuhi aturan. Di sini tidak menjelaskan masalah ini.

Yang jadi persoalan itu, apakah penting kita menjalani bisnis online? Kalau penting, seberapa pentingkah? Kalau memang besar kepentingannya, seberapa besar tindakannya? Saya kira, para pakar sekelas Gm Susanto pun memikirkan hal tersebut.

Melihat keberhasilan Gm Susanto dan para pakar bisnis lainnya dalam menjalankan bisnis online, membuat banyak orang yang tertarik untuk menjalankannya.

Ada yang menyangka kalau bisnis online adalah bisnis cepat kaya. Ya, memang ada lah namun harus ada banyak uang dulu untuk membeli kecepatan seperti autoresponder, biaya iklan, dll. Kalau ternyata terbukti tidak membuat kaya, mereka langsung kecewa. Teman-teman menghina kegagalannya. Tetapi yang mereka ketahui hanyalah sebatas pengertian bisnis online.

Sekali lagi, kekuatan menjalankan bisnis adalah kekuatan kepentingan atau terdapat "Nilai Keharusan". Begitu kuat keinginan kita merubah hidup dan menuruti impian sejatinya yaitu jadi pengusaha, sehingga tantangan yang harus dihadapi adalah tantangan proses kesuksesan. Tantangan proses dalam meraih impian tersebut adalah terdapat "Nilai Penyesuaian".

Nilai penyesuaian itulah yang sulit. Sewaktu saya membaca hasil wawancara terhadap joko susilo, saya begitu menganggumi kekuatan fokusnya. Dia begitu gigih dalam mencari sesuatu diinternet sesuai yang telah direncanakan sebelumnya. Bila ia serius ingin menjalankan bisnis online, ia tetap fokus pada kata kunci bisnis online. Benar-benar menyesuaikan diri pada kepentingan dirinya.

Tentunya, saya membuat blog ini adalah untuk menjalani tantangan proses kesuksesan yang saya inginkan: menjadi pengusaha.

Lalu, masihkah kita mengandalkan pengertian? Bila masih, mohon jangan kecewa. Karena saya tidak menjelaskan secara detail tentang pengertian bisnis online.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!