3 Syarat Utama Bisnis Online Ke Pasar Luar Negeri

Bisnis Online Ke Pasar Luar Negeri, kartu kredit
Mentor bisnis saya, Gm Susanto, bercerita bahwa temannya menjual boneka unik di ebay. Kalau misalkan harga rupiahnya sekitar harga 100.000 maka kalau di-dollar-kan akan menjadi $10. Namun kalau kita menjual di ebay tidak harus seharga $10 dollar. Kita bisa naikkan menjadi $50 (belum ongkos kirim). Sah-sah saja menaikkan harga asal jujur-terbuka dalam penjualan barang.

Teman guru saya memang menaikan harga produk boneka menjadi lebih mahal dari harga aslinya padahal boneka yang dijual sudah termasuk produk yang sudah tidak baru. Wah menjual produk baru saja kalau harga kita naikkan sudah lebih dari cukup apalagi produk yang sudah tidak baru lagi malah dinaikkan, misal $50. Sah-sah saja melakukan hal ini asal jujur-terbuka sehingga orang membeli karena melihat yang sebenarnya.

Itulah sekelumit kisah teman mentor saya dalam menjual boneka unik yang sudah tidak baru lagi.

Anda mungkin tertarik melihat cerita di atas. Bila memang tertarik dan ingin bisnis ke pasar luar negeri, kenapa tidak? Namun ada hal-hal yang perlu disiapkan dan merupakan syarat wajib yang harus ada sesuai jenis produk.

1. Kartu kredit dan Paypal

Bisnis di luar negeri sangat efektif kalau menggunakan kartu kartu kedit dan paypal. Dan memang menjadi syarat jual-beli di internet. Anda tidak akan bisa bisnis di internet kalau tidak punya kedua ini.

Bila memang anda sudah memiliki kartu kredit dan belum memiliki paypal maka anda cukup membuat saja rekening online lewat paypal. Dengan memiliki paypal untuk transaksi juga sebagai pengaman kartu kredit atau sebagai alternatif transaksi.

Bagi yang belum memiliki kartu kredit, setidaknya memiliki saldo yang cukup untuk membuat kartu kredit. Ada bank tertentu yang memberlakukan sistem saldo yang tidak terlalu mahal untuk membuat kartu kredit. Silahkan cari saja informasi karena saya kurang paham mengenai seluk-belum kartu kredit.

2. Jasa pengiriman barang ke luar negeri

Ini berkaitan dengan produk yang berbentuk fisik seperti boneka dan lainnya. Kalau misalkan ingin menjual produk ke pasar luar negeri, tentu harus tahu tempat jasa pengiriman barang ke luar negeri dan tahu seluk-beluknya.

Bila anda bermiat menjual produk berupa fisik ke luar negeri maka wajib ada jasa pengiriman barang dan wajib menggunakan jasa ini. Tidak akan bisa berjualan di internet kalau tidak mengandalkan jasa pengiriman barang.

3. Website penjualan

Ini yang umum ada dalam bisnis online, baik pasar lokal maupun pasar non lokal.

Namun untuk bisnis produk digital seperti ebook, vidio, audio, software maka hanya menggunakan website sebagai sarana penjualan sudah cukup.

Bila anda ingin bisnis online ke luar negeri maka lebih baik mengawali menjual produk digital karena memang tidak membutuhkan jasa pengiriman.

Cukup memgakai sistem download dalam mengirim produk ke pembeli maka sudah cukup.

Ketiganya sebagai syarat untuk bisnis ke luar negeri. Syarat yang wajib untuk semua jenis produk bisnis adalah alat transaksi.

Pengalaman mentor saya, Gm Susanto, pernah menjual ebook mengenai “Cara Mendidik Anak untuk Kencing”. Terdengar aneh kan? Kalau misalkan ebook ini dijual ke pasar Indonesia maka tentu tidak akan laku. Lalu bagaimana dengan Gm Susanto dalam menjual ebook ini? Wah ternyata laku loh… Intinya ada yang beli.

Nah, mulailah bisnis ke luar negeri dengan menjual produk digital kalau mengerti bahasa Inggris. Sebenarnya saya ingin menjual produk ke pasar luar negeri tetapi kendalanya banyak baik alat transaksi dan juga dalam segi bahasa.

Namun dalam segi bahasa Inggris sebenarnya tidak menjadi kendala. Karena kita bisa membayar orang yang mengerti bahasa Inggris. Katakanlah saya ingin menjual produk ebook dengan total 5000 kata. 5000 dibagi 200 kata akan menghasilkan 25. Kalau per 200 kata dihargai 10.000 maka tinggal kali 25 maka total harga hanya sekitar 250.000.

Anggap saja sebagai produk bisnis menghabiskan uang 300.000.

Lalu kita buat blog dengan membeli 100 artikel maka harganya 1500.000.

Total = 1800.000,-

Lalu produk ebook dihargai $20 per penjualan. Kalau menghasilkan 10 penjualan maka sudah balik modal karena menghasilkan $200.

Terlihat masih seimbang dan belum dianggap menghasilkan profit dari bisnis ebook. Namun anda perlu teknik tambahan agar menghasilkan profit yang berlipat-lipat. Anda bisa belajar secara detail bagaimana sukses berjualan produk ke pasar luar negeri khususnya produk informasi dan strategi meningkatkan penjualan bersama Gm susanto disini.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!