Segitiga Daya Ungkit Membangun Bisnis Otomatis (Bagian 1)

Apa itu daya ungkit dalam usaha membangun bisnis otomatis?

Saya kira, saya tidak perlu menggambarkan karena daya ungit adalah kekuatan dari alat pengungkit. Seperti halnya alat untuk memindahkan batu besar. Itulah daya ungkit.

Bagaimana bila Anda mendorong batu besar agar mampu pindah tempat? Tentu tidak akan konyol mendorong batu kan? Tetapi menggunakan alat pengungkit yang sebagai daya yang akan memindahkan batu.

Seperti halnya orang dalam mengurusi bisnis, bila melakukannya sendiri pekerjaan dalam bisnis maka tenaga dan waktu akan terkuras habis. Dan lagipula kalau memang bisnis dikerjakan sendiri sepenuhnya namanya kerja dalam bisnis bukan pemilik bisnis. Karena daya ungkit sepenuhnya dilakukan sendiri sehingga dirinya adalah pekerja dalam bisnis.

Tetapi bila pekerjaan itu dibantu oleh orang lain maka akan meringankan pekerjaan seseorang. Dan barulah orang tersebut sebagai pebisnis karena tidak sepenuhnya dikerjakan sendiri. Atau kalau bisnis dalam dunia bisnis online maka sepenuhnya bisa dikerjakan oleh alat online seperti autoresponder, website, blog, surat penawaran otomatis, dan sebagainya.

Anda sudah mengerti kan arti daya ungkit?

Daya ungkit menurut pengertian saya adalah sesuatu alat bantu yang memberikan kekuatan untuk membantu Anda meringankan pekerjaan.

Lalu Bagaimana Segitiga Daya Ungkit untuk Membangun Bisnis dengan sistem Segitiga B-I?

Di sini saya akan menjelaskan data ungkit apa saja yang diperlukan untuk membangun bisnis bersistem alias bisnis dengan Segitiga B-I.

Daya ungkit secara sistem bisnis sudah saya jelaskan dalam pembahasan di kategori Segitiga B-I. Ini daya ungkit ekternal. Sama halnya alat pengungkit. Namun alat pengungkit tidak ada artinya kalau diri kita tidak bisa memanfaatkan alat pengungkit alias daya ungkit ekternal. Untuk itu perlu daya ungkit internal alias diri kita sebagai pengungkit.

Dalam pembahasan disini saya akan menjelaskan bagaimana mengoptimalkan daya ungkit kita dalam memanfaatkan alat pengungkit  alias daya ungkit ekternal berupa sistem-sistem bisnis.

Sebenarnya daya ungkit ini untuk menjadikan Anda kaya dengan cepat dan tetap kaya untuk selamanya yaitu dari buku seri Rich Dad's "Retire Young Retire Rich" karya Robert T Kiyosaki.

Tetapi bila saya menangkap arti "menjadi kaya" dalam buku Robert adalah orang yang sudah berhasil membangun kerajaan bisnis dan mempunyai banyak aset lain.

Jadi, daya ungkit untuk membangun bisnis otomatis dengan menggunakan Segitiga B-I adalah tujuan akhirnya adalah agar Anda dapat kaya dan tetap kaya seumur hidup.

Dalam pembahasan daya ungkit di buku tersebut di atas, memang menurut saya sedikit tidak tertata rapih. Tetapi maksud Robert karena memang daya ungkit sangatlah banyak untuk membangun bisnis khususnya bisnis besar dalam menggapai kebebasan kekayaan dan waktu.

Untuk itu saya mencoba merumuskan daya ungkit secara teratur agar mudah dipahami dan mudah dilakukan secara teratur. Daya ungkit yang saya rumuskan hanyalah unsur utama daya ungkit. Tetapi kalau penjelasan saya masih berantakan maka ya mohon dimaklumi karena saya sekedar berbagi bukan praktisi seperti Robert Kiosaki.

Inilah rumusan Segitiga Daya Ungkit


Untuk penjelasan per point, saya membahasnya secara terpisah karena memang banyak.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!