Tips Membeli Waralaba dan Membangun Bisnis Waralaba

Bisnsi Waralaba, Peluang Bisnis, Waralaba
Bila anda tidak sanggup atau belum sanggup membangun bisnis yang berjalan sendiri alias bisnis yang memiliki sistem kerja, maka solusi praktis adalah dengan mengikuti alias membeli hak usaha waralaba. Hak usaha waralaba ini bukan termasuk untuk bisnis MLM tetapi waralaba biasa.

Anda tidak perlu mengetahui seluk-beluk membangun bisnis. Cukup memiliki modal dan pengetahuan mengenai waralaba yang mau anda ikuti. Namun bila anda sudah mempelajari sistem kerja dari bisnis waralaba, maka dengan sendirinya anda akan mampu membangun bisnis waralaba alias membangun bisnis dengan disertai sistem bisnis waralaba dan juga membangun bisnis biasa.

Sekarang banyak bermunculan bisnis waralaba. Ada waralaba yang harga hak usahanya sampai ratusan juta rupiah dan ada yang puluhan juta. Kalau waralaba seperti KFC dan lainnya yang terkenal di seluruh dunia maka lebih mahal lagi. Tentu biaya hak usaha bisa belum termasuk untuk mendapatkan rumah atau tempat berdirinya bisnis waralaba.

Anda pun perlu membutuhkan modal untuk menyediakan tempat. Biasanya untuk waralaba yang membutuhkan tempat seperti ruko atau perumahan. Kalau waralaba yang menggunakan gerobak maka tidak perlu modal tempat. Walau waralaba murah belum tentu aslinya tidak membutuhkan banyak modal di luar pembelian hak usaha. Biasanya harga waralaba termasuk juga pembelian untuk pembangunan tempat bisnis dan fasilitas lain.

Walau sistem waralaba lebih praktis untuk dijadikan lahan bisnis anda, namun tetap saja harus memperhatikan strategi agar bisnis waralaba anda tidak macet. Untuk itu perlu perhatikan tips di bawah untuk membeli bisnis waralaba.

Pertama, Apakah banyak yang suka produk bisnis waralaba yang akan anda beli? Misalkan ayam goreng seperti KFC, maka sudah banyak orang yang suka. Hal ini bisa diketahui dengan riset lokasi dan produk.

Pertama riset produk. Apakah banyak yang suka produk berjenis ayam goreng? Bila memang banyak yang suka maka ini peluang bagus.

Kedua riset lokasi. Apakah pantas bila menjual produk ayam goreng di mall? Bila memang pantas maka peluang bagus berikutnya sudah anda dapatkan.

Kedua, Apakah memiliki potensi bisa menarik banyak pelanggan? Hal ini bisa anda ketahui dengan mengamati bisnis waralaba milik orang yang membeli. Bila banyak yang membeli waralaba dan kebanyakan sukses dalam menajalankan maka hal ini peluang bagus untuk bisnis.

Biasanya bisnis waralaba yang sudah banyak memiliki anggota dan banyak anggota yang sukses memiliki sistem bisnis yang bagus, baik sarana, pelayanan, dan produk/jasa.

Ketiga, untuk pemula yang masih awam mengenai bisnis, lebih baik mencoba membukan bisnis waralaba dengan harga yang tidak terlalu mahal, baik biaya hak usaha maupun biaya tempat membangun bisnis. Pastikan bahwa uang adalah bukan uang kebutuhan pokok tetapi uang tabungan.

Keempat, apakah ada program menjalankan bisnis waralaba? Biasanya memang ada karena memang menyangkut kesuksesan bisnis kedua belah pihak.

Bila fokus anda berbisnis lewat bisnis waralaba maka tentu tidak membuat kegiatan yang lain terganggu. Anda tinggal membeli beberapa waralaba maka tanpa sibuk mengurus sudah menghasilkan pasif income.

Mungkin anda sendiri pada tahap berikutnya ingin membangun bisnis yang menggunakan sistem waralaba setelah belajar banyak hal mengenai waralaba. Hal ini pun sangat menguntungkan karena anda sudah menggunakan sistem jaringan dalam bisnis. Dengan mengunggulkan sistem dalam pembangunan bisnis maka akan banyak orang yang ingin bergabung dengan bisnis Anda.

Persiapan yang anda lakukan sebagai orang yang memiliki bisnis waralaba adalah harus menyediakan merk dagang, menyediakan tool standart, menyediakan sistem bisnis, menyediakan produk/bahan baku, managemen bisnis. Anda perlu perhatikan dalam hal ini. Anda bisa belajar di kategori Segitiga B-I untuk membangun bisnis waralaba.

Bila sudah membangun bisnis waralaba sendiri, maka anda bisa manfaatkan internet untuk menjual hak usaha waralaba anda. Anda bisa membuat situs blog yang berisi kiat-kiat bisnis dan tips mengenai produk yang anda jual.

Dengan menggunakan internet untuk meng-online-kan bisnis maka penjualan hak usaha waralaba akan bisa laku keras dengan modal marketing yang sedikit. Anda bisa belajar bersama pakar internet marketing seperti Gm Susanto atau lainnya.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!