Daya Ungkit Bisnis Berupa Kesehatan (Bagian 2)

Daya Ungkit Bisnis, Kesehatan Bisnis
Kesehatan menurut Robert Kiyosaki adalah daya ungkit. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk bisnis. Menjaga kesehatan lahir dan batin untuk aktifitas bisnis sangat dianjurkan agar tetap sehat. Bila Anda sehat, tentu segala aktifitas sangat dirasakan nikmatnya dalam menjalankan bisnis.

Ketahuilah, perjalanan membangun bisnis tidaklah ringan baik bisnis online atau bisnis ofline bila memang ingin membangun bisnis besar. Sangat butuh kekuatan dan kesehatan jiwa dan raga. Padahal untuk bisnis kecil saja sangat membutuhkan kekuatan dan kesehatan jiwa dan raga.

Awal membangun bisnis besar sangatlah keras, sulit dan berat. Memang ini kenyataan dalam bisnis. Anda tidak perlu bukti dari saya dalam hal ini. Sudah banyak pengusaha yang sudah membuktikan kerasnya. sulitnya dan beratnya.

Tetapi kenapa walau keras, sulit dan berat banyak orang yang sukses membangun bisnis besar? Jawabannya kerena ada kesehatan jiwa dan raga yang terlindungi.

Semangat tidak cukup untuk bangkit dan terus bangkit membangun bisnis besar sampai sukses. Semangat tetap perlu perlindungan berupa sehat jiwa dan raga.

Betapa banyak orang yang sakit jiwa karena membangun bisnis besar lantas kemudian bisnisnya bangkrut dengan cepat tidak secepat membangun bisnisnya.

Banyak orang yang sakit raga misal stuk karena mengetahui bahwa perusahaannya gulung tikar akibat krisis global atau persaingan global. Padahal mereka sudah berhasil membangun bisnis. Tetapi ia tetap terkena penyakit dan jatuh sakit.

Lalu bila sudah sakit jiwa atau raga, masihkah bisa untuk bangkit dalam membangun robohan-robohan bisnis? Tentunya menunggu sakit hilang secara sempurna baru kemudian membangun bisnis kembali.

Padahal bila sudah berhasil membangun bisnis apalagi bisnis besar maka untuk kembali yang kedua kali sangatlah mudah dan malah semakin mudah.

Bagi jiwa dan raga yang sehat dan kuat saja yang akan mampu bangkit dengan cepat untuk membangun bisnis kembali akibat kegagalan bisnis yang pertama.

Sebelum kesehatan jiwa dan raga terganggu, maka sebelum atau sesudah membangun bisnis:

- Jagalah pola makan
- Gizi yang mencukupi
- Olah raga yang rutin
- Luangkan waktu untuk relaksasi dan menikmati keindahan hidup.
- Perbanyak berpikir positif
- Perbanyak mengingat Tuhan
- Dan sebagainya

Ada bahasa indah dari kalangan orang miskin, "Makan apa saja enak kalau sehat walau tidak punya apa-apa. Makan ikan asin gurih, makan sambel trasi sedap, apalagi dicampur sayur asem, brrr... segar"

Kalau orang berusaha membangun bisnis, tentunya karena ingin kaya. Pasti dan tidak bisa disangkal. Tetapi kalau sudah kaya tetapi tidak bisa menikmati kekayaan, bagaimana rasanya? Hm... rasanya ingin segera sehat saja untuk menikmati kekayaan hasil bisnis.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!