Daya Ungkit Bisnis Berupa Pendidikan (Bagian 3)

Daya Ungkit Bisnis, Pendidikan Bisnis
Sebelum membahas mengenai daya ungkit pendidikan untuk bisnis, saya ingin bertanya kepada Anda. Apakah tujuan Anda menemupuh dunia pendidikan?

Yang pasti dalam menempuh pendidikan sampai tinggi adalah...
  • Mendapatkan ilmu
Bila ilmu sudah di dapat, lalu untuk apa lagi?
  • Diamalkan
Tidak ada yang lain yaitu untuk diamalkan untuk mencari penghasilan dan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tetapi bila melihat masalah kebutuhan hidup, maka mencari ilmu pasti akan digunakan untuk mencari penghasilan.

Bagaimana cara mencari penghasilan? Maka bisa lewat jalur kerja, kerja mandiri, bisnis dan investasi. Namun intinya adalah kerja dan bisnis.

Pertanyaannya, pendidikan yang seperti apa bila untuk mencari penghasilan lewat bisnis sampai menghasilkan bisnis yang besar?

Yaitu pendidikan yang mengajarkan Anda untuk bisa membangun bisnis sampai bisnis terbangun besar. Mempelajari dalam Segitiga B-I merupakan materi yang wajib dipelajari secara terus-menerus bila ingin berhasil membangun bisnis sampai besar.

Intinya, pendidikan dari kehidupan bukan pendidikan yang hanya ada di sekolah.

Seorang yang sudah berpendidikan tinggi sampai mencapai S3 atau profesor tidak menjamin mampu membangun bisnis besar.

Seorang yang tidak pernah sekolah sampai SMA tidak menjamin seseorang itu tidak mampu membangun bisnis sampai besar.

Seperti perkataan para pebisnis khususnya Bob Sadino, "Bila mau kaya, ngapain sekolah?"

Artinya, bila seorang ingin kaya alias kaya dari bisnis maka tidak mesti harus sekolah terlebih dahulu. Langsung saja membangun bisnis dari mulai kecil sampai besar.

Dalam banyak buku Robert sering mengatakan bahwa pendidikan formal itu penting tetapi setelah lulus, uruslah bisnis kita sendiri.

Walau memang kebanyakan bila sudah lulus sekolah atau kuliah yang dipikirkan adalah mencari pekerjaan. Padahal dunia penghasilan tidak hanya ada dalam dunia kerja tetapi dalam dunia bisnis.

Sudah menjadi kenyataan bahwa banyak orang pencari kerja tetapi peluang mendapat kerja sedikit. Bila kebanyakan orang yang memikirkan mencari terus berkali lipat dalam tahunan maka akan semakin banyak saja pengangguran.

Sistem pendidikan formal kebanyakan hanya mengajarkan Anda untuk bekerja. Memang itu yang menjadi tugas pendidikan formal.

Para ilmuan, profesional, para orang pintar lain menempuh pendidikan formal telah berjasa memberikan daya ungkit untuk perusahaan atau lembaga si pengusaha/pemilik.

Tetapi bila ingin membangun bisnis setelah lulus SMA atau kuliah, maka yang diperhatikan adalah pendidikan kewirausahaan.

Apa saja yang perlu dipelajari?

Robert telah memberikan sebuah gambaran tentang membangun bisnis yaitu dengan mempelajari Segitiga B-I. Anda bisa mempelajari dalam kategori Segitiga B-I

Tetapi dalam bisnis bukan hanya memplajari tentang hal yang berbau pendidikan intelektual, IQ saja. Dalam bisnis, yang sangat penting diperhatikan lagi adalah masalah yang berbau pendidikan emosional.

Itulah kenapa, seorang yang ber-IQ bagus belum tentu mampu membangun bisnis. Alasannya kerena EQ seseorang dalam menghadapi bisnis belum matang terbentuk.

Tetapi orang ber-EQ bagus kebanyakan mampu membangun bisnis walau ber-IQ rendah.

Seperti perkataan Robert bahwa wiraswasta menempuh pendidikan tidak selesai pada tammat sekolah atau kuliah tetapi terus menempuh pendidikan seumur hidup.

Robert T Kiyosaki saja walau sudah berhasil membangun bisnis ia tetap mengikuti beberapa seminar salah satunya tentang pendidikan manajemen komunikasi seperti:

- Penjualan
- Sistem-sistem pemasaran
- Periklanan, penulisan judul, dan penulisan iklan.
- Negosiasi
- Bicara di depan umum
- Periklanan via pos
- Penyelenggaraan seminar
- Penggalangan modal

Memang sehatinya mencari ilmu atau menempuh pendidikan tidak hanya selesai pendidikan formal dan bukan hanya di pendidikan formal. Selagi ada nyawa dalam tubuh anda, anda harus tetap mencari ilmu.

Anda perlu tetapkan, apakah pendidikan anda untuk daya ungkit pemilik bisnis orang lain atau pendidikan anda mampu membawa daya ungkit orang lain untuk bisnis anda?

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!