Daya Ungkit Bisnis Berupa Rencana (Bagian 7)

Daya Ungkit Bisnis, Rencana Bisnis
Rencana sebagai daya ungkit bisnis atau daya ungkit untuk menjadikan seseorang itu kaya raya. Kenapa rencana dianggap sebagai daya ungkit? Karena dengan rencana, Anda bisa mengatur sistem langkah-langkah yang mengarah pada pencapaian keberhasilan.

Bila Anda ingin membangun bisnis, tidak usah disibukkan dengan rencana-rencana. Bila ingin bisnis, maka melangkah saja seadanya. Pengembangan rencana yang baik adalah seiring perjalanan pembangunan bisnis.

Bob Sadino bisa sukses membangun bisnis tanpa perencanaan. Bila mempunyai impian berarti punya rencana-rencana untuk melangkah ke arah impian tersebut. Pasti dan tidak bisa disangkal. Anda pasti punya rencana walau tidak matang diatur.

Tetapi datang rencana itu tidak mesti dari dalam diri Anda. Bisa saja rencana milik orang lain yang tidak dipakai lalu Anda memanfaatkan rencana itu.

Jadi yang dimaksud tidak mempunyai rencana untuk sukses adalah karena dirinya sudah punya rencana dari orang lain.

Kemungkinan besar, seorang Bob Sadino memanfaatkan rencana orang lain lalu menjalankannya sampai memperoleh keberhasilan.

Tentu, ada saja teman Anda yang membicarakan ide dan rencana gila mengenai bisnis sampai detail kepada Anda. Tetapi karena terlalu banyak pertimbangan akhirnya ide itu tidak terlaksana. Anda yang sudah siap dengan resiko, memanfaatkan ide dan rencana bisnis orang lain.

Itulah sebabnya, seorang yang ingin membangun bisnis harus selalu pasang telinga agar mendapat ide dan rencana dari mulut orang.

Jadi mengatur rencana itu perlu. Entah rencana dari Anda atau dari oranglain, terserah. Yang penting adalah tindakan segera Anda untuk melakukan rencana yang telah ada.

Impian dan Rencana yang Menyatu

Rencana erat kaitannya dengan impian. Tidak ada impian yang tidak memiliki rencana. Begitu pula tidak ada rencana bila tidak ada impian.

Bila ingin mempunyai rencana yang jelas maka perlu menentukan impian yang jelas pula. Bila impian Anda berkaitan dengan mencari sumber penghasilan, maka Anda perlu memilih di kuadran mana Anda menginginkannya.

Sebagai contoh Anda memilih sebagai pengusaha, maka Anda bisa memilih kuadran A (small business) atau B (big business).

Namun bila hanya ingin memilih bisnis kuadran B, maka susunlah rencana besar untuk mencapai yang Anda inginkan. Menyusun rencana besar dimulai dengan rencana kecil-kecilan.

Berawal Dari Kuadran Kiri (E=Employe dan S=Small business)

Bila Anda ingin membangun bisnis, entah kecil atau besar, tetapi Anda sudah terlanjur menjadi karyawan, memang ini hal yang sulit bila ingin membangun bisnis.

Sulit bukan berarti tidak bisa membangun bisnis. Banyak orang yang tadinya seorang karyawan tetapi berhasil membangun bisnis dan akhirnya keluar dari pekerjaannya.

Sulit hanya masalah waktu. Waktu seorang karyawan tidak banyak untuk mengurusi bisnis. Waktu dirinya hanya sibuk untuk mengurusi bisnis orang lain.

Di era informasi ini, seorang karyawan dimudahkan dalam menjalani bisnis sampingan. Internet telah memudahkan jalan membuka usaha di tengah kesibukan kerja.

Mulailah sebagai affiliate marketing seperti di Clickbank.com atau affiliate lokal. Dengan mengikuti program affiliate marketing, tidak perlu memakan waktu untuk membuat produk.

Lakukanlah sendiri terlebih dahulu. Bila sudah berhasil, maka tingkatkan lagi. Tetap gunakan segitiga B-I dalam kegiatan affiliate marketing. Artinya tetap membutuhkan tenaga dan waktu orang lain, menggunakan sistem bisnis, dll.

Setelah kegiatan sebagai affiliate marketing mendapat nominal 1000/blan rutin, barulah memikirkan tentang rencana bisnis Anda sendiri.

Untuk kasus membangun bisnis besar berawal dari kuadrant S (small businness) kasusnya sama seperti kegiatan seorang karyawan yang ingin membangun bisnis dan membangun bisnis sampai besar.

Dalam kuadran S alias small business memang tidak ada kesulitan dalam membangun bisnis. Karena waktu sudah digunakan untuk bisnis.

Tetapi bila quadrant S selain small business seperti penyanyi, bintang film, artis sinetron, dll maka perencanaan waktu lebih sulit untuk diatur dengan tertib. Kesibukannya memang tidak diatur juga. Namun tetap bisa diusahakan kok.

Impian Jangka Panjang

Masa depan adalah untuk rencana jangka panjang Anda. Dan bentuklah sebuah impian yang mampu untuk jangka panjang. Dengan mempunyai impian jangka panjang maka rencana-rencana bisnis pun memandang impian jangka panjang Anda.

Bagaimana agar Anda selalu mempunya impian jangka panjang yang baik untuk bisnis dan selalu mempertahankannya?

Cara yang terbaik adalah:

- Angka orang kaya
- Kata orang kaya

Artinya angka orang kaya berarti anda tidak selalu berani mengambil angka yang sering dilakukan orang kaya seperti 'proyek 1 miliyar', 'profit 100 juta/bulan', dll.

Tentu yang lebih penting adalah melatih pikiran Anda untuk memahami laporan keuangan khususnya lampiran keuangan Anda sendiri.

Arti kata-kata orang kaya adalah seperti pada daya ungkit pikiran. Anda dilarang untuk sering berkata yang sering diucapkan kaum miskin.

Seorang pebisnis, kata-kata yang bagus dan menguntungkan adalah yang mampu memajukkan bisnis dan menjadikan bisnis berdiri untuk jangka panjang.

Pentingnya sering bergaul dengan sesama pebisnis adalah karena mereka memiliki cara pandang yang sama. Dengan bersatunya cara pandang yang sama, bisa jadi akan menimbulkan duplikat kekuatan. Kemungkinan bisa terjadi kerjasama di lain waktu.

Semakin Anda terbiasa dengan angka dan kosa-kata kaum pebisnis besar, maka impian masa depan, impian jangka panjang Anda, dan rencana jangka panjang Anda akan semakin bagus dan jelas mengarah ke bisnis besar, baik online atau ofline.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!