Daya Ungkit Bisnis Berupa Waktu (Bagian 4)

Daya Ungkit Bisnis, Waktu Bisnis
Apakah waktu Anda selalu diberikan untuk bisnis orang lain? Atau Anda ingin orang lain selalu memberikan waktunya untuk bisnis Anda?

Ini pertanyaan penting bila ingin memanfaatkan daya ungkit waktu untuk membangun bisnis.

Sering, orang bekerja untuk mengurusi bisnis orang lain. Berhari-hari waktunya hanya sibuk untuk mengurusi bisnis orang lain.

Dari pagi sampai sore sibuk bekerja. Malam harinya begit lelah hanya untuk bercanda beberapa jam bersama keluarga.

Sering kali memanfaatkan waktu luang untuk keluarga hanya di hari libur saja yang membuat keuangan habis banyak dikeluarkan. Itu pun kalau memang rencana terlaksana. Kadang bahkan sering tidak bisa kumpul karena memang masing-masing punya waktu bersama orang lain.

Tetapi, ada yang tidak sempat berlibur sama sekali karena kesulitan keuangan, kesulitan dalam keharmonnisan keluarga, dan lain-lain.

Waktu mereka sebagian besar hanya untuk mengurusi bisnis orang lain.

Bila Anda ingin agar orang lain menggunakan waktunya untuk mengurusi bisnis Anda, tentu harus meluangkan waktu untuk mengurusi bisnis sendiri.

Di era informas ini begitu mudah untuk mengurusi bisnis sendiri di sela-sela kesibukan kerja Anda. Anda mungkin sudah merasakan bagaimana transaksi di internet.

Ya, itulah bisnis zaman sekarang: bisnis online

Bila Anda berniat untuk mengajak orang lain yang belum memanfaatkan waktunya untuk perusahaan lain maka percayalah banyak orang yang setia memberikan waktunya untuk Anda.

Semakin banyak orang yang mengurusi waktunya untuk bisnis sendiri dan memanfaatkan waktu orang lain untuk mengurusi bisnis mereka maka akan semakin berkurang angka pengangguran. Walau menjadi ketat masalah persaingan dalam bisnis.

A. Investasi Waktu Untuk Pendidikan

Kesulitan besar orang yang ingin membangun kesuksesan khususnya sukses dalam membangun aset bisnis adalah investasi waktu.

Kesulitan orang yang ingin meningkatkan kemampuan bisnisnya adalah investasi waktu untuk pendidikan.

Jadi, bila ingin membangun bisnis atau memperbesar bisnis kesimpulannya adalah investasikan waktu untuk pendidikan. Dalam hal ini pendidikan kewirausahaan alias bisnis.

Waktu adalah daya ungkit yang penting untuk kepentingan bisnis.

Bila waktu 70% diinvestasikan hanya untuk bergaul dengan teman dan 30% untuk yang selain bisnis atau 70% untuk kerjaan dan 30% untuk selain bisnis maka waktu itu sulit sebagai daya ungkit bisnis.

Waktu sebagai daya ungkit dan akan menjadi daya ungkit hebat bila waktu diinvestasikan sampai 70% untuk pendidikan bisnis.

Bila sudah menginvestasikan waktu untuk pendidikan bisnis, maka akan mudah membangun bisnis atau meningkatkannya. Mudah juga untuk mengajak orang lain dalam usaha memberikan waktunya untuk mengurusi bisnis anda.

B. Investasikan Waktu untuk Bisnis

Belajar sambil praktek. Dan praktek adalah belajar itu sendiri. Jangan hanya memahami teori tetapi belum sama sekali membangun bisnis. Anda harus belajar teori sambil belajar menjalani bisnis.

Lagi pula, praktek merupakan belajar terbaik. Bila tentang bisnis, maka praktek bisnis adalah terbaik.

Teori akan menjadi sampah bila cuma mengendap dalam kepala. Kebanyakan teori sering menjadi racun dan akan menghalangi melangkah bisnis. Orang pintar biasanya terlalu takut membangun bisnis karena terlalu pandai mengamati resiko-resiko pada bisnis.

Memang terlalu berat memang, bila Anda menginvestasikan waktu hanya untuk membangun bisns yang belum ada jaminan keberhasilan. Sudah berlelah-payah, modal besar amblas untuk ini dan itu, pas bisnis sudah berhasil dibangun malah langsung bangkrut.

Resiko terberat banyak pebisnis adalah melangkah pertama. Dalam langkah pertama adalah menginvestasikan waktu hanya untuk membangun bisnis.

Bila Anda sudah berani dalam menginvestasikan waktu untuk membangun bisnis besar dan mau sabar menunggu sampai bisnis menghasilkan pasif income, maka Anda adalah pebisnis sejati.

Memang dalam membangun bisnis sampai besar, bukan waktu Anda saja yang menjadi taruhan. Waktu para tim juga menjadi tarohan. Masa depan bisnis sukses atau cepat bangkrut, semua tidak tahu pasti.

Untuk itu, investasikan waktu Anda untuk membangun bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Lalu waktu Anda diinvestasikan lagi untuk meningkatkan bisnis kecilnya sampai besar.

Sekarang, walau membangun bisnis kecil di internet, bisnis pun bisa berjalan secara  otomatis. Anda tinggal bisnis produk digital yang tidak membutuhkan ruang fisik untuk tempat. Bila produk fisik maka cukup mengandalkan jasa pengiriman barang. Bila produk digital atau bisnis jasa maka cukup secara online.


Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!