3 Langkah Dasar Bisnis Online Otomatis

Pembahasan ini menjelaskan seperti apa yang kebanyakan guru internet marketing ajarkan kepada murid-muridnya tentang sistem bisnis di internet.

Banyak orang yang berpikiran kalau bisnis online itu seperti MLM atau seperti investasi. Banyak orang yang mengira begitu yang membuat mereka pun enggan melakukan bisnis online walau mereka beminat bisnis. Pengertian seperti ini bukan salah namun kurang benar. Bisnis online bisa berbentuk MLM, bisa berbentuk investasi seperti forex dan bisa berbentuk lainnya seperti halnya bisnis ofline.

Bisnis ofline ada penjualan baju maka bisnis online pun ada. Bisnis ofline ada penjualan buku maka bisnis online pun ada penjualan ebook. Bisnis ofline ada penjualan vidio maka bisnis online pun ada. Semua bisnis ofline kebanyakan ada di dalam bisnis online. Sehingga kesimpulannya bisnis online adalah sederhana saja yang tidak perlu ditafsiri yang tidak-tidak.

Bisnis online adalah solusi untuk mengurangi jumlah persaingan bisnis di dalam dunia ofline. Apa jadinya bila semua bisnis dilakukan hanya dalam dunia ofline? Tentu akan penuh sesak persaingan bisnis. Solusi era online untuk bisnis adalah hal yang patut disyukuri untuk para pegiat bisnis.

Lalu bagaimana 3 langkah dasar bisnis online otomatis?

Bila merujuk kepada bisnis online, sistem dasar untuk membuat bisnis ofline juga sama.

Untuk bisnis online atau bisnis di internet sendiri ada tiga langkah dasar sistem:
  • Membuat produk fisik atau non fisik (termasuk jasa)
  • Membuat website sebagai sarana penjualan produk.
  • Kegiatan menjual produk alias kegiatan internet marketing.
Sederhana bukan?

Memang sederhana bila membahas langkah dasar membuat sistem bisnis di internet.

Nah, bila mengacu pada bisnis online, maka bisnis ofline pun sama alias memiliki tiga langkah dasar sistem:
  • Membuat produk
  • Membuat tempat untuk penjualan
  • Kegiatan menjual produk
Sebenarnya sama antara bisnis online sama bisnis ofline yaitu memiliki tiga langkah dasar.

Misalkan Anda mau bisnis online dengan menjual produk digital. Katakanlah menjual vidio atau lainnya. Tentu Anda tinggal memanfaatkan komputer untuk ruang produksi dan software untuk membuat vidio.

Begitu juga bisnis ofline yang ingin menjual produk seperti software Photoshop atau lainnya. Melakukan pembuatan software dan dimasukkan dalam CD. Setelah produk itu jadi, tentu menjual CD dengan teknik marketing.

Sebenarnya sama antara bisnis online dengan bisnsi ofline. Bedanya cuma media jualannya saja yakni menggunakan media internet.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!