Masalah Produk Bisnis Di Internet

Produk Bisnis
Bisnis di internet bukan hanya kegiatan menjual produk yang sudah telah diproduksi diri sendiri.

Bisnis di internet seperti halnya bisnis ofline pun bisa menjual produk yang telah diproduksi perusahaan/orang lain.

Tetapi memang idealnya sebuah bisnis adalah menjual produk sendiri sehingga akan mendapat keuntungan lebih besar walau memang sulit dalam segi operaional produksi. Walau memang banyak sekali bisnis online yang memfasilitasi produk-produk orang lain namun sudah dianggap bisnis besar.

Ada tiga alternatif untuk produk bisnis di internet yang berupa produk digital. Bisa jadi bukan tiga namun saya memilih tiga saja.

- Menjual produk berupa ebook, vidio atau lainnya.
- Menjual produk orang lain atau disebut sebagai affiliate seperti di Clickbank.com atau Amazon.com
- Membeli produk-produk MMR (Master Resale Rights). Jadi Anda tinggal membeli produk lewat situs yang berlabel MMR dan Anda akan menjual produk dengan harga sesuai Anda.

Intinya yang diutamakan dalam bisnis khususnya bisnis di internet adalah sistem yang membuat bisnis berjalan secara otomatis alias pemilik tidak sepenuhnya terlibat langsung dalam operasional bisnis.

Bila memang produk itu dibuat sendiri oleh pemiliknya tetapi cara penjualannya masih terlibat langsung dalam kegiatan operasional maka bukan dinamakan pebisnis. Karena pemilik hanya seorang pekerja yang berusaha menjual produk miliknya. Bisa dikatakan bisnis kecil lah.

Sedangkan untuk bisnis di internet yang berupa produk fisik ada tiga alternatif juga.

- Membuat produk sendiri
- Menjual produk orang lain tanpa terlibat affiliate program seperti membeli sepatu di pabrik lalu menjual kembali lewat internet. Atau bisa juga dengan sistem reseller/dropship.
- Menjual produk orang lain yang terlibat affiliate program seperti menjual produk yang ada di Amazon.com

Saya rasa, untuk tahap pemula alangkah lebih baik menjual produk milik orang lain tanpa biaya membeli produk. Anda bisa mengikuti program affiliate di Clickbank.com atau Amazon.com

Untuk Clickbank.com sendiri ada panduan khusus yang mengajari sukses menjadi affiliate Clickbank.com yaitu Rahasia Sukses Clickbank. Bagi Anda yang belum punya panduannya, silahkan boleh membeli di sini.

Kenapa mengawali bisnis sebagai affiliate marketing? Karena tanpa biaya untuk membeli produk. Alasan yang sederhana dan mengasikkan kan?

Seperti saya, mengawali bisnis sebagai affilate marketing lokal dulu, lalu coba-coba menjual ebook seperti tutorial website, mahasiswa belajar, dan akan menjual yang lainnya.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!