Tips Peluang Bisnis Digital Printing

Mau memanfaatkan peluang bisnis digital printing? Ini waktu yang tepat membuka bisnis ini di saat era sudah memasuki era digital.

Banyak organisasi, perusahaan dan lembaga untuk berbagai kegiatan seperti kegiatan marketing, kegiatan partai, kegiatan seminar, bisnis dan pertemuan-pertemuan lainnya membuat banyak permintaan atas jasa percetakan. Dengan begini peluang bisnis digital printing sangat potensial.

Anda bisa memulai bisnis digital printing bila anda memiliki cukup modal untuk bisnis digital printing yang digunakan untuk membeli mesin cetak dan seperangkat alat yang melengkapi, sewa lokasi seperti kios atau ruko, dan membayar teknisi yang mampu menjalani, merawat dan memperbaiki mesin cetak anda.

Bisnis jasa digital printing sederhana saja seperti percetakan foto sangat banyak yang mendirikan dan berjejeran di sepanjang kios-kois. Tentunya, karena memang pasar sangat banyak yang membutuhkan jasa percetakan.

Patut diakui, semakin banyak memang bisnis percetakan digital printing yang membuat persaingan harga begitu menguat. Penawaran harga cetak menjadi menurun agar mendapatkan banyak pelanggan. Tentunya orang alias para pelanggan pun makin tertarik menggunakan jasa percetakan digital.

Apa saja hal yang perlu untuk memanfaatkan peluang bisnis digital printing?

1. Memiliki seorang teknisi


Biasanya seorang teknisi dalam digital printing adalah orang yang sudah mahir dalam dunia komputer, baik masalah komputer sendiri, software desain percertakan seperti Photoshop dan lainnya, juga mesin print itu sendiri. Dengan memiliki seorang teknisi maka hal mesin percetakan bisa terkontrol dengan baik

Lebih baik memang bila yang memulai bisnis digital printing adalah orang yang sudah memiliki kemampuan dalam hal percertakan sehingga menghemat permodalan diawal membangun. Namun, tidak masalah juga bila memang bila membangun bisnis digital printing adalah orang yang belum mengerti asal modal mencukupi.

2. Bisnis digital printing dengan berbagai macam pelayanan percertakan.

Bila bisnis hanya dengan pelayanan percetakan foto, mungkin pelanggannya hanya orang-orang yang ingin memajang foto. Tetapi kalau bisnis disertai berbagai pelayanan jasa percertakan seperti jasa spanduk, baliho, dan sebagainya maka akan bermunculan berbagai pelanggan dengan berbagai macam kepentingan.

Dengan memiliki variasi pelayanan memungkinkan bisa membuka penghasilan yang berlimpah dari hasil memanfaatkan peluang bisnis digital printing.

3. Lokas yang Tepat

Kalau dalam hal peluang bisnis percetakan foto, maka mendirikan tempat bisnis di sekitar kampus dan kawasan pendidikan formal sangat tepat mengingat banyak mahasiswa yang membutuhkan percetakan foto.

Sebagai strategi lain dalam kesuksesan percertakan foto adalah menawarkan percetakan lain seperti baloho, spanduk. Karena biasanya aktifitas pendidikan membutuhkan hal demikian untuk berbagai kepentingan seperti seminar dan lainnya.

Intinya, mendirikan tempat usaha di wilayah sekitar pendidikan adalah sangat tepat. Namun kawasan pendidikan untuk peluang lokasi bisnis digital printing berada di wilayah jalan raya yang sebagai sentral keramayan.

4. Menjadi Perantara


Peluang bisnis digital printing mengandalkan mesin cetak. Kemungkinan bagi pebisnis bermodal cekak sangat sulit melakukannnya. Kalau bisnis cetak hanya pada percetakan foto mungkin bisa diatasi namun kalau berbagai jenis percetakan maka sulit karena harus membeli alat percetakan untuk mencetak yang berukuran besar.

Maka dari itu maka Anda bisa memulainya dengan menjadi perantara antara pihak konsumen dan pihak perusahaan percetakan seperti kasus teman saya yang menjalankan usaha ini. Tinggal memasang spanduk yang menjelaskan bisnis Anda.

Apalagi bila Anda memiliki kemampuan desain profesional dalam hal pembuatan baliho, spanduk dan sebagainya maka akan lebih menguntungkan lagi. Tinggal masalah percetakan bisa bekerja sama dengan bisnis yang sudah memiliki mesin percetakan.

5. Iklankan secara online

Bisnis online tidak selalu harus produk digital. Bisnis online bisa juga sebagai media marketing bisnis Ofline. Salah satunya untuk mengiklankan bisnis digital printing sesuai target daerah terdekat anda.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!