Tips Memulai Bisnis Toko Buku Online

Memulai Bisnis toko buku memang gampang-gampang susah. Gampang karena memang tinggal membeli buku di pihak penerbit. Karena buku tidak ada yang basi. Menjual buku lebih mudah daripada menerbitkan buku. Namun susah disisi lain. Pengamatan yang saya melihat, beberapa toko buku hanya dikunjungi tetapi jarang ada yang beli padahal itu dikawasan yang strategis karena banyak kampus-kampus yang berdiri di samping toko buku.

Kecuali memang penjualan buku di luar negeri yang kebanyakan laku. Karena memang warga dari negara-negara maju sudah menjadikan membaca sebagai kebutuhan primer.

Di Indonesia justru budaya malas membaca buku.

Sehingga kesimpulannya, membangun toko buku sangat sulit bagi bisnis kelas menengah-kebawah. Belum lagi berhadapan dengan perusahaan besar seperti Gramedia dan lainnya.

Namun tidak ada masalah yang tanpa ada solusi. Bisnis toko buku bisa Anda jalankan dengan tetap bisa meraup keuntungan walau penjualan sulit.

Lalu bagaimana memulai bisnis toko buku agar mendapat penjualan yang melimpah walau kenyataannya banyak toko buku yang tidak laku?

1. Teknik penggabungan

Daripada Anda hanya menjual 1 buku saja lebih baik digabungkan dengan buku lain. Berikan buku lain yang terkait adalah lebih baik. Misal Anda menjual buku tentang kesehatan jantung maka Anda menjual buku kesehatan lain seperti teknik olah raga kesehatan atau bisa dengan sistem memilih sesuai selera pembeli.

Tentu Anda memberikan harga: buku satu mengambil untung dan buku dua tidak mengambil untung. Misal harganya begitu. Namun syaratnya memang harus berjualan secara online. Judulnya saja toko buku online.

2. Mencari tempat yang strategis

Walau bisnis toko buku dilakukan secara online tapi tidak ada masalah mencari tempat untuk menjual buku secara ofline. Karena akan terjadi gabungan pelanggan. Bila ternyata tidak laku dan lebih laku secara online maka lebih baik menutupnya.

Walau buku jarang laku walau di tempat yang strategis, namun lebih baik memilih tempat yang strategis. Bisnis toko buku di area kampus-kampus merupakan wilayah yang terbaik daripada di wilayah perumahan. Biasanya, di area kampus terdapat tempat jasa pengiriman barang seperti JNE, Pos, dan lainnya untuk kepentingan penjualan secara online.

3. Menyediakan buku sesuai kebutuhan

Biasanya para mahasiswa kalau sedang membutuhkan buku akan mampir ke toko buku terdekat dan menanyakan buku yang diperlukan. Ternyata toko buku Anda sudah menyediakannya karena Anda sudah tahu kebutuhan buku-buku mahasiswa. Di samping Anda menjual buku secara umum, Anda pun menyediakan buku secara khusus misal untuk mahasiswa.

4. Manfaatkan internet untuk jualan Online

Anda bisa memanfaatkan internet sebagai media marketing buku. Namun harus diperhatikan adalah jangan sampai pengeluran untuk online menguras keuntungan penjualan Anda. Tentunya Anda tidak perlu online setiap hari dan tidak perlu menyewa hal-hal kepentingan online bila belum terbukti terjual.

Lebih baik bila memang Anda membuat blog yang berisi artikel sebagai teknik marketing grtis. Bila artikel blog Anda membahas mengenai kesehatan maka Anda bisa mengarahan pengunjung untuk mengunjungi toko online buku pada halaman buku yang dimaksud. Nanti pengunjung melihat penjelasan detail mengenai pemesanan buku yang sedang dijual.

Memulai bisnis toko buku online memang tidak semudah yang dibayangkan. Karena kendala terbesar adalah masalah budaya malas membaca. Namun bila bisnis toko buku online serius diurus masalah teknik dan strategi marketingnya maka bisa jadi akan mengalami kesuksesan.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!