Cara Mudah dan Cepat Menulis Artikel Blog Bisnis

Prinsip yang ditekankan dalam menulis artikel blog adalah “Berbagi”. Terlebih dahulu saya akan membuka logika anda terlebih dahulu. Silahkan anda pilih judul artikel ini : “Tips Membuat Kue Kering” dan “Sejarah Kue Kering”. Kira-kira apa yang ingin anda pilih bila anda sedang membutuhkan informasi kue kering? Yaps, pasti anda lebih memiliki “Tips Membuat Kue Kering”. Sehingga yang ingin saya tekankan adalah, buatlah sebagian besar artikel berupa tips-tips sederhana dan mudah dipahami.

Anda boleh membuat sejarah alias cerita mengenai artikel yang ada dalam blog. Namun sebagian besar tulisan mengarah pada tips-tips yang memang bisa digunakan oleh pengunjung. Kalimatnya boleh seperti cerita namun inti pembahasan pada ujungnya membahas tips-tips.

Sekarang apakah logika anda sudah terbuka mengenai cara membuat artikel blog untuk bisnis? Bila sudah mengerti maka kita akan membuka logika anda lagi mengenai kepentingan lain membuat artikel blog untuk bisnis.

Baca seputar jasa artikel yang spesial menulis artikel seputar bisnis untuk blog anda. Jasa penulisan artikel ini ditulis dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan berpengetahuan seputer bisnis. Bila anda membutuhkan jasa ini, anda tidak perlu khawatir melanggar aturan google karena ditulis berdasarkan standar SEO dan penulisan. Silahkan baca jasa ini: Jasa Artikel

Sekarang anda boleh membuat artikel tips-tips yang ada dalam blog bisnis. Namun silahkan pikir, apakah tips yang anda tulis mengarah pada sesuatu yang anda inginkan? Saya mencoba mengingatkan anda lagi mengenai keinginan anda membuat blog bisnis. Apa keinginan anda? Yes, penjualan produk dalam hal ini produk parfum dan produk Nutrishake dari Oriflame.

Apakah anda sudah terpikirkan bagaimana membuat sebagian artikel tips yang khusus mengarah kepada produk penjualan anda? Bila memang anda menginginkan blog dijadikan lahan bisnis maka anda harus memikirkan sebuah tips yang khusus mengarah pada produk yang anda jual. Tips ini sebagai tips artikel marketing alias tips yang mengandung informasi produk yang pada ujungnya secara halus mengarahkan untuk membeli.

Dalam blog saya, Diet Sehat Alami, membahas mengenai seputar diet, berat badan, membakar lemak dan lainnya. Namun disisi lain, saya juga membahas seputar tips yang khusus membahas produk Nutrishake. Karena saya sedang menjual produk Nutrishake lewat blog.

Apakah logika anda sudah terbuka? Bila sudah, mari kita belajar membuat tulisan blog yang mudah dan cepat. Dengan cara seperti ini maka anda akan mampu menulis artikel tips sampai 1-5 per hari alias 30-150 per bulan.

Teknik yang saya lakukan adalah => REWRITE

Menulis teknik rewrite yang baik adalah mengambil intisari pembahasan lalu merubah tulisan. Walau memang ada kata-kata yang sama namun secara umum dikatakan original content di mata Google.

Langkah-Langkahnya sebagai Berikut:

1. Mencari Artikel

Silahkan anda mencari artikel dari blog yang dianggap bagus dan memiliki banyak artikel. Lalu download artikel agar cepat tersimpan ke memori komputer atau plesdis. Tidak perlu berpikir, boleh atau tidak mengambil artikel? Boleh. Yang tidak boleh adalah mempubliskan kembali ke blog kita tanpa merubah 100% original karya kita sendiri.

Cari artikel yang memiliki bahasa non personal. Ciri-ciri artikel non personal yaitu tidak ada kata “Saya”. Bila bertulisan sekedar anda, kita maka itulah contoh artikel non personal. Kenapa kita lebih baik memilih artikel non personal? Karena biasanya, artikel mereka pun hasil rewrite dari buku, majalah, atau media online lainnya dengan tenaga sendiri atau orang lain. Namun artikel personal atau tidak, itu tidak masalah. Yang penting dirubah sampai min 90%.

Cari artikel yang tidak menggunakan gambar penjelasan. Biasanya, artikel olahraga atau artikel tutorial memiliki gambar-gambar yang membuat anda kebingungan menulis. Maka hindari artikel yang mengandung banyak gambar penjelasan.

Usahakan mendapatkan artikel sampai min 100 artikel. Kenapa? Karena untuk bahan saling mereferensi antar artikel. Walau rewrite namun dihiasi saling memberikan referensi. Maksud mereferensi adalah dengan memberikan sebagian paragraf untuk artikel yang sedang ditulis.

2. Merewrite Sampai Minimal 90% Original Content

Merewrite artikel tidak sekedar merewirte. Lebih dari itu harus adalah pemikiran kita. Tentu kita membutuhkan persiapan pengetahuan dan sudah terlatih menulis agar mudah dalam merewrite. Dengan disertai pengetahuan yang sudah disiapkan dan ditambah sudah terlatih menulis maka hasil merewrite artikel akan menghasilkan tulisan yang original sampai minimal 90%.

Kok katanya cara mudah dan cepat menulis rewrite namun harus melatih menulis dahulu?

Tentu dong, bagaimana mau bisa merewrite sedangkan kita belum terbiasa menulis? Kita disuruh membeli sesuatu dengan menaiki sepeda namun mencoba belajar naik sepeda saja belum. Tentu hasilnya tidak akan berjalan.

Begitu juga menulis. Kita belum terbiasa menulis namun langsung melangkah untuk merewrite artikel.  Tentu prosesnya menyulitkan.

Bagi yang sudah terbiasa menulis, maka dengan teknik merewrite artikel akan menghasilkan artikel lebih banyak dalam waktu cepat daripada menulis dengan cara tidak merewrite artikel. Coba saja rasakan sendiri.

Di saat kita terhalang dengan informasi alias kekurangan informasi, apa yang harus dilakukan agar tetap menulis? Tentu mencari informasi lain sebagai usaha melancarkan menulis.

Dalam hal ini saya akan memberikan contoh merewrite artikel. Berikut adalah contoh yang perlu anda perhatikan.

=> Tulisan Dari Artikel Situs Lain : Sarapan Makanan Kaya Serat

Mengonsumsi makanan kaya serat saat sarapan bisa menjadi awal yang baik untuk menurunkan berat badan. Selain melancarkan pencernaan, makanan berserat juga membantu perut kenyang lebih lama.
Contoh makanan berserat antara lain, sereal, oatmeal, kacang-kacangan, salad buah, yoghurt dan masih banyak lagi.

=> Tulisan Saya Sendiri Hasil Rewrite : Sarapan kaya serat

Bukan banyak atau tidaknya memakan sesuatu yang dikonsumsi agar bisa menyebabkan kenyang dalam waktu lama. Tetapi lebih kepada banyak atau tidaknya makanan mengandung serat tinggi yang dikonsumsi agar bisa kenyang dalam waktu lama.

Sarapan pagi sebaiknya tidak perlu banyak makan karena proses pencernaan belum bisa secara maksimal. Tetapi sarapan makanan dalam porsi yang sedikit namun yang mengandung tinggi serat.

Bagi orang yang sedang menjalankan program diet tanpa berlapar-lapar maka lebih baik sarapan dengan makanan yang mengandung serat tinggi. Tentunya agar makan sedikit namun rasa kenyang bisa bertahan lama.

Contoh makanan berserat antara lain, sereal, oatmeal, kacang-kacangan, salad buah, yoghurt dan masih banyak lagi.

***

Dari contoh paragraf dari artikel asli dengan paragraf tulisan rewrite, apakah terlihat berbeda? Pasti berbeda kan?

3. Perhatikan Kata Kunci Pencarian Google Dalam Artikel Rewrite

Walau kita merewrite artikel orang, bukan berarti benar-benar apa adanya. Bila memang artikel orang tidak memperhatikan kata kunci yang menjadi target untuk pencarian Google, maka kitalah yang memberikan kata kunci.

Sesuai standar dalam memberikan kata kunci untuk pencarian di Google adalah 1 kata kunci per paragraf.

Perhatikan paragraf di bawah:

“Bukan banyak atau tidaknya memakan sesuatu yang dikonsumsi agar bisa menyebabkan kenyang dalam waktu lama. Tetapi lebih kepada banyak atau tidaknya makanan mengandung SERAT TINGGI yang dikonsumsi agar bisa kenyang dalam waktu lama.”

Saya mengambil kata kunci untuk judul dan isi, misal serat tinggi. Kebetulan kata kunci tersebut banyak yang mencarinya sekitar 1000 per bulan. Maka dalam judul dan paragraf harus mencantumkan kata kunci “serat tinggi”.

4. Pendekkan Paragraf Agar Mudah Dibaca

Jangan membuat paragraf yang panjang-panjang. Contoh yang simpel adalah lihat tulisan saya ini, hehe...

Jangan lupa, anda harus memberikan kalimat yang mudah dipahami untuk kebanyakan kalangan agar mereka menikmatinya.

5. Aturan Update Artikel Blog

Untuk menghemat permodalan dalam biaya warnet alias internet, maka kita harus menggunakan teknik terjadwal. Bila tidak menggunakan teknik terjadwal maka tentu tidak bisa update setiap hari. Kalau memang ingin setiap hari dengan menghemat uang internet maka harus sistem terjadwal.

Anda bisa mengatur tanggal saja, misal ingin terbit tanggal 1 maka pilih angka satu. Bisa setiap hari, dua hari sekali. Namun demi percepatan maka diharapkan mengatur tanggal dengan setiap hari.

Namun, anda harus belajar mempublis artikel mulai dari copas sampai publis. Cari saja di internet.

Jangan mencopy artikel yang menggunakan MS Word. Bila memang menggunakan MS Word maka perlu memindahkan dulu ke notepad sebelum ke badan post blog. Kenapa? Karena untuk menghindari kode-kode aneh yang timbul akibat settingan MS Word.

Jangan lupa untuk mengatur "Format" notepat di bagian Word Wrap dengan cara hilangkan centang atau centang. Kenapa? Biasanya dalam kondisi centang, tulisan akan terpisah-pisah antar kalimat. Bila ingin menghindari hal demikian maka terlebih dulu hapus centang sebelum di copy. Bila sudah dihapus maka copy-paste ke badan post blog.



Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!